Responsive Banner

Determinasi School Connectedness Terhadap Student Well-beingpada Santri di Moderasi Oleh Regulasi Emosi: Studi PondokPesantren di Indonesia (sertifikat hak cipta)

SURAT PENCATATAN CIPTAAN (2025) Determinasi School Connectedness Terhadap Student Well-beingpada Santri di Moderasi Oleh Regulasi Emosi: Studi PondokPesantren di Indonesia (sertifikat hak cipta). EC002025177985.

[img] Text
HKI Penelitian Determinasi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis determinan student well-being pada santri remaja dengan menelaah peran school connectedness serta efek moderasi regulasi emosi. Menggunakan desain mixed-method bertahap, pengumpulan data kuantitatif dilakukan pada 400 santri dari tiga pondok pesantren di Indonesia dengan menggunakan skala terstandar untuk mengukur school connectedness, regulasi emosi, dan student well-being. Hasil analisis menunjukkan bahwa school connectedness berpengaruh signifikan terhadap student well-being (β = 0.4339, p < .001), di mana semakin tinggi keterhubungan santri dengan lingkungan pesantren, semakin tinggi pula tingkat kesejahteraan psikologisnya. Regulasi emosi juga menunjukkan pengaruh positif signifikan terhadap student well-being (β = 0.1036, p = 0.023), yang mengindikasikan bahwa santri yang mampu mengelola emosinya dengan baik cenderung memiliki kesejahteraan psikologis yang lebih tinggi. Selain itu, analisis moderasi menunjukkan adanya efek interaksi signifikan antara school connectedness dan regulasi emosi (β = -0.0896, p = 0.027), yang berarti pengaruh school connectedness menjadi kurang dominan pada santri yang memiliki regulasi emosi tinggi. Temuan kualitatif dari wawancara dan FGD turut memperkuat pemahaman mengenai persepsi santri tentang kesejahteraan di pesantren. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan pentingnya lingkungan pesantren yang suportif serta kemampuan regulasi emosi dalam meningkatkan kesejahteraan santri.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: School Connectedness; Regulasi Emosi; Student Well-Being; Pesantren; Remaja
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Selly Candra Ayu
Date Deposited: 09 Dec 2025 08:41

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item