Muhammad Faruq (2025) Laporan Penelitian Pendampingan Produksi Media Pembelajaran Inovatif Bahasa Arab; Menuju Digitalisasi Madrasah di Kota Batu (sertifikat hak cipta). 001009728.
|
Text
HAKI Qoryah Thoyyibah 2025 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran inovatif menjadi kebutuhan mendesak dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya di Madrasah Tsanawiyah di Kota Batu yang sedang mendorong digitalisasi pendidikan. Permasalahan utama yang dihadapi guru adalah keterbatasan variasi media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan teknologi. Untuk itu, kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan guru secara aktif dalam setiap tahap kegiatan. Metode pengabdian mencakup identifikasi kebutuhan bersama, perencanaan produksi media, pelatihan dan pendampingan pembuatan media digital, hingga evaluasi implementasi di kelas. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru mampu meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital. Selain itu, kegiatan ini juga menghasilkan luaran berupa bank media pembelajaran berupa permainan digital bahasa Arab. Dengan demikian, pengembangan bank media melalui pendekatan PAR tidak hanya menjawab keterbatasan media pembelajaran, tetapi juga meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran serta mendukung transformasi digital di madrasah.
| Item Type: | Hak Cipta |
|---|---|
| Keywords: | Pendampingan; Media Digital; Pembelajaran Inovatif; Bahasa Arab; Madrasah Tsanawiyah |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
| Depositing User: | Unnamed user with email muh.faruq@uin-malang.ac.id |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 22:31 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric