Responsive Banner

Model pengukuran keterampilan sosial dalam pendidikan transformatif dan implikasinya terhadap pengembangan siswa

Utami, Mutiara Arlisyah Putri and Elvira, Melly ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6047-5348 Model pengukuran keterampilan sosial dalam pendidikan transformatif dan implikasinya terhadap pengembangan siswa. Research Report. Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M), Malang. (Unpublished)

[img] Text
Laporan_Riset_Lengkap ttd Litapdimas 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengukuran keterampilan sosial siswa dalam konteks pendidikan transformatif serta memberikan gambaran empiris mengenai tingkat keterampilan sosial siswa SMA/MA. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model Borg & Gall, dengan melibatkan 387 siswa dari Kota Malang, Yogyakarta, dan Kediri sebagai subjek penelitian. Instrumen awal terdiri dari 105 butir pernyataan yang divalidasi oleh ahli, kemudian diuji secara empiris melalui analisis faktor eksploratori dan konfirmatori. Hasil validasi menghasilkan 52 butir yang memiliki kualitas psikometrik baik, dengan nilai KMO sebesar 0,927 dan total varians yang dijelaskan mencapai 73,9%. Analisis faktor mengungkap tujuh konstruk utama keterampilan sosial, yaitu sumber daya sosial, komunikasi, pengelolaan emosi, empati, resolusi konflik, kepatuhan norma sosial, dan inisiatif sosial. Hasil Confirmatory Factor Analysis (CFA) menunjukkan bahwa model memiliki tingkat kelayakan yang baik (CFI = 0,95; TLI = 0,94; RMSEA = 0,05), menegaskan validitas konstruk instrumen. Secara deskriptif, keterampilan sosial siswa berada pada kategori cukup baik dengan empat indikator dominan yakni sumber daya sosial, komunikasi, pengelolaan emosi, dan empati yang masing-masing berkontribusi sekitar 15%. Sementara itu, inisiatif sosial menjadi indikator dengan kontribusi terendah (11,6%), menunjukkan perlunya penguatan pada aspek tersebut dalam intervensi pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis berupa model pengukuran yang komprehensif dan empiris, sekaligus menawarkan dasar bagi pengembangan program peningkatan keterampilan sosial dalam kerangka pendidikan transformatif

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Model Pengukuran Keterampilan Sosial Pendidikan Transformatif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Mutiara Arlisyah Putri Utami M.Pd
Date Deposited: 08 Dec 2025 09:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item