Utami, Mutiara Arlisyah Putri and Elvira, Melly
ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6047-5348
Model pengukuran keterampilan sosial dalam pendidikan transformatif dan implikasinya terhadap pengembangan siswa.
Research Report.
Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M), Malang.
(Unpublished)
|
Text
Laporan_Riset_Lengkap ttd Litapdimas 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengukuran keterampilan sosial siswa dalam konteks pendidikan transformatif serta memberikan gambaran empiris mengenai tingkat keterampilan sosial siswa SMA/MA. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model Borg & Gall, dengan melibatkan 387 siswa dari Kota Malang, Yogyakarta, dan Kediri sebagai subjek penelitian. Instrumen awal terdiri dari 105 butir pernyataan yang divalidasi oleh ahli, kemudian diuji secara empiris melalui analisis faktor eksploratori dan konfirmatori. Hasil validasi menghasilkan 52 butir yang memiliki kualitas psikometrik baik, dengan nilai KMO sebesar 0,927 dan total varians yang dijelaskan mencapai 73,9%. Analisis faktor mengungkap tujuh konstruk utama keterampilan sosial, yaitu sumber daya sosial, komunikasi, pengelolaan emosi, empati, resolusi konflik, kepatuhan norma sosial, dan inisiatif sosial. Hasil Confirmatory Factor Analysis (CFA) menunjukkan bahwa model memiliki tingkat kelayakan yang baik (CFI = 0,95; TLI = 0,94; RMSEA = 0,05), menegaskan validitas konstruk instrumen. Secara deskriptif, keterampilan sosial siswa berada pada kategori cukup baik dengan empat indikator dominan yakni sumber daya sosial, komunikasi, pengelolaan emosi, dan empati yang masing-masing berkontribusi sekitar 15%. Sementara itu, inisiatif sosial menjadi indikator dengan kontribusi terendah (11,6%), menunjukkan perlunya penguatan pada aspek tersebut dalam intervensi pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis berupa model pengukuran yang komprehensif dan empiris, sekaligus menawarkan dasar bagi pengembangan program peningkatan keterampilan sosial dalam kerangka pendidikan transformatif
| Item Type: | Research (Research Report) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pengukuran Keterampilan Sosial Pendidikan Transformatif |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | Mutiara Arlisyah Putri Utami M.Pd |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 09:00 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric