Dwi Sulistiani, Yona Octiani Lestari dkk (2025) Peran artificial intelligence pada adopsi energi terbarukan dan kinerja keberlanjutan di perguruan tinggi (sertifikat hak cipta). 001018292.
|
Text
1. Laporan penelitian ok.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
25600.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran kecerdasan buatan/ artificial intelligence (AI) pada pengaruh adopsi energi terbarukan dan kinerja keberlanjutan di perguruan tinggi. Penelitian ini akan mengeksplorasi bagaimana teknologi AI dapat meningkatkan efektivitas inisiatif energi terbarukan dan berkontribusi pada kinerja keberlanjutan secara keseluruhan di sektor pendidikan tinggi. Peran AI apakah sebagai moderasi atau mediasi penting untuk dipahami agar pengelola perguruan tinggi tidak salah dalam mengambil kebijakan terkait kinerja keberlanjutan. Penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya dalam hal model penelitian yang memasukkan AI sebagai variabel moderasi dan mediasi, dianalisis menggunakan dua teori yaitu triple bottom line dan keunggulan bersaing, serta metode penelitian mix method yang menggabungkan antara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik survey/ kuesioner pada penelitian kuantitatif, sedangkan pada kualitatif menggunakan teknik multiple case study yang membandingkan peran AI pada pengaruh energi terbarukan terhadap kinerja keberlanjutan antara PTU (perguruan Tinggi Umum) dan PTKI (perguruan Tinggi Keagamaan Islam). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja kebrelanjutan di perguruan tinggi dilaksanakan melalui 6 bidang yaitu: air, sampah, energi, infrastruktur, transportasi, pendidikan dan pengabdian. AI juga mendukung adopsi energi terbarukan dan kinerja keberlanjutan. Penelitian ini memberikan bukti empiris adanya pengaruh positif energi terbarukan dan AI terhadap kinerja keberlanjutan, serta pengaruh positif energi keberlanjutan terhadap AI secara langsung. AI juga terbukti mampu memediasi pengaruh energi terbarukan terhadap kinerja keberlanjutan, namun tidak mampu memoderasi hubungan tersebut. Hasil penelitian ini bisa memberikan kontribusi teoritis bahwa triple bottom line (People, Planet dan Profit) yang merupakan teori yang mendasari kinerja keberlanjutan, dapat dicapai jika perguruan tinggi memiliki keunggulan bersaing diantaranya dalam hal penerapan energi terbarukan dan AI. Kontribusi praktis bisa diberikan kepada regulator dalam hal ini kementrian Pendidikan tinggi, sains dan teknologi serta kementrian keagamaan dalam membuat aturan tentang pencapaian kinerja keberlanjutan di perguruan tinggi. Bagi pengelola perguruan tinggi, hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman bagaimana pelaksanaan energi terbarukan dan AI dalam mendukung pencapaian kinerja keberlanjutan.
| Item Type: | Hak Cipta |
|---|---|
| Keywords: | Artificial Intelligence, Energi Terbarukan, Kinerja Keberlanjutan, Perguruan Tinggi, SDGs |
| Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150106 Sustainability Accounting and Reporting 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
| Depositing User: | MSA,Ak,CA Dwi Sulistiani |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 10:00 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric