Responsive Banner

Fasilitas fisik PAUD dalam mendukung kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Survei di Kota Malang

Rahmania, Alfi Najmi, Apriana, Baiq Adelia Elsa, Wulandari, Ayu and Erfantinni, Imroatul Hayyu ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6485-3529 Fasilitas fisik PAUD dalam mendukung kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Survei di Kota Malang. Research Report. FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN 2025_SAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap krusial dalam pembentukan
dasar perkembangan anak. Implementasi pendidikan inklusif menuntut adanya penyediaan
lingkungan belajar yang adaptif, di mana fasilitas fisik memainkan peran fundamental dalam
memastikan aksesibilitas, keamanan, dan dukungan fungsional bagi Anak Berkebutuhan
Khusus (ABK). Penelitian ini bertujuan untuk memetakan dan menganalisis kondisi fasilitas
fisik PAUD di Kota Malang dalam konteks dukungannya terhadap kebutuhan spesifik ABK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi
penelitian adalah seluruh lembaga PAUD di Kota Malang yang mengimplementasikan
program inklusi serta bersedia menjadi partisipan dalam penelitian. Sampel dipilih
menggunakan teknik purposive sampling. Data awal menggunakan kuesioner penjaringan
sekolah yang disebarkan ke beberapa sekolah PAUD di Kota Malang. Pengumpulan data
dilakukan dengan survei melalui kuesioner checklist yang diisi langsung oleh peneliti
berdasarkan hasil observasi secara langsung. Kuisioner mencakup indikator aksesibilitas,
sarana prasarana penunjang, dan adaptasi ruang kelas. Data dianalisis secara deskriptif untuk
mengukur tingkat kesesuaian fasilitas fisik dengan standar inklusif. Berdasarkan hasil survei
yang dilakukan di 10 lembaga PAUD di Kota Malang, sebagian besar lembaga PAUD memiliki
fasilitas fisik tergolong dalam kategori baik dan beberapa lainnya tergolong dalam kategori
cukup. tujuh lembaga termasuk dalam kategori baik dengan persentase skor antara 86-92%.
Sementara itu, tiga lembaga termasuk dalam kategori cukup dengan rentang persentase antara
64-71%. Tidak ditemukan lembaga yang termasuk dalam kategori kurang maupun sangat
kurang. Fasilitas yang paling memerlukan perbaikan adalah akses toilet yang tidak userfriendly dan ketersediaan ruang sensori/terapi. Secara keseluruhan, indeks kesiapan fasilitas
fisik PAUD Kota Malang dalam mendukung ABK memiliki persentase rata-rata yaitu 82,9%
yang termasuk dalam kategori baik.
Kesimpulan: Fasilitas fisik PAUD di Kota Malang secara umum belum sepenuhnya
mendukung kebutuhan ABK sesuai dengan prinsip pendidikan inklusif. Diperlukan intervensi
dan kebijakan yang terarah untuk mendorong peningkatan aksesibilitas dan adaptasi sarana
prasarana seperti penyediaan ramp, ruang kelas yang cukup luas dan fleksibel, serta toilet
khusus ABK.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Kata Kunci: Fasilitas Fisik, PAUD, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Pendidikan Inklusif
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Imro'atul Hayyu Erfantinni
Date Deposited: 08 Dec 2025 11:46

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item