Responsive Banner

Pengembangan platform program Virtual Field Trips untuk meningkatkan keterlibatan siswa inklusi di daerah 3T dengan teknologi VR/AR (sertifikat hak cipta)

Laporan Penelitian (2025) Pengembangan platform program Virtual Field Trips untuk meningkatkan keterlibatan siswa inklusi di daerah 3T dengan teknologi VR/AR (sertifikat hak cipta). EC002025205537, 7 Desember 2025.

[img] Text
SuratCiptaan_EC002025205537.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia menghadapi tantangan serius
dalam penyelenggaraan pendidikan, terutama bagi siswa inklusi. Keterbatasan fasilitas, akses
internet, sarana pembelajaran, serta kesiapan guru menyebabkan rendahnya keterlibatan dan
pemahaman siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan platform virtual
field trips (VFT) berbasis teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) sebagai solusi
untuk meningkatkan keterlibatan siswa inklusi di daerah 3T. Metode penelitian menggunakan model
R&D ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis
menunjukkan bahwa pembelajaran konvensional masih dominan dan tidak mampu memenuhi
kebutuhan belajar siswa inklusi karena minimnya media interaktif dan keterbatasan fasilitas sekolah.
Pada tahap perancangan dan pengembangan, dirumuskan platform VFT yang mencakup mode
VR/AR, konten trip virtual, akses offline, fitur aksesibilitas, serta integrasi audio–visual yang
adaptif. Implementasi awal melalui uji coba terbatas menunjukkan bahwa platform VFT membantu
meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, serta pemahaman siswa melalui pengalaman belajar
imersif. Evaluasi menggunakan observasi, wawancara, serta pre-test dan post-test menunjukkan
adanya peningkatan keterlibatan siswa dan pemahaman konsep pembelajaran. Hasil penelitian ini
menegaskan bahwa VFT berbasis VR/AR layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran inovatif
di daerah 3T dan berpotensi mendukung pemerataan kualitas pendidikan inklusif di Indonesia.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Virtual Field Trips; Virtual Reality; Augmented Reality; Pendidikan Inklusi; Daerah 3T; Keterlibatan Siswa; Media Pembelajaran Interaktif; Pengembangan Platform Pendidikan.
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Mathematics Education
Depositing User: Elly Susanti
Date Deposited: 09 Dec 2025 08:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item