Responsive Banner

Model Deli-Mas: Inovasi pembelajaran digital ekoteologis untuk ketahanan sosial komunitas pendidikan Islam

Sutiah, Sutiah, Bahruddin, Uril ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8599-7281 and Mardhiyah, Ainatul (2025) Model Deli-Mas: Inovasi pembelajaran digital ekoteologis untuk ketahanan sosial komunitas pendidikan Islam. Research Report. UIN Malang.

[img] Text
PROF. SUTIAH_ LAPORAN PENELITIAN 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Percepatan krisis lingkungan dan disrupsi teknologi digital telah
mengubah secara signifikan lanskap sosial dan pendidikan Islam di Indonesia.
Madrasah, masjid, dan pesantren sebagai pusat pendidikan keagamaan
berbasis komunitas belum sepenuhnya memiliki model pembelajaran digital
yang terintegrasi dengan nilai Islam, literasi ekoteologis, dan penguatan
ketahanan sosial. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, penelitian ini
mengembangkan dan menguji Model DELI-MAS (Digital Ecological Learning
Innovation Madrasah, Masjid & Pesantren) sebagai sebuah ekosistem
pembelajaran digital ekoteologis berbasis komunitas. Metode yang digunakan
adalah Research and Development (R&D) model Borg & Gall yang
dimodifikasi serta pendekatan mixed-methods explanatory sequential. Tahap
kuantitatif dilakukan untuk memetakan literasi ekoteologi, literasi sosial, dan
kesiapan digital; sedangkan tahap kualitatif dilakukan melalui FGD,
wawancara, dan observasi partisipatif di berbagai lembaga pendidikan Islam
di Jawa dan luar Jawa.
Model awal DELI-MAS dibangun dari teori ekopedagogi Islam,
ketahanan sosial komunitas, modal sosial, literasi kritis Freire, dan TPACK,
kemudian divalidasi oleh pakar serta diuji melalui uji coba terbatas dan
analisis struktural menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa implementasi DELI-MAS berpengaruh signifikan terhadap
peningkatan literasi ekoteologi dan sosial, yang selanjutnya berdampak
langsung pada peningkatan ketahanan sosial-ekologis komunitas. Temuan
kualitatif mengonfirmasi adanya lima perubahan utama: penguatan kesadaran
ekoteologis, praktik eco-action santri, peningkatan kolaborasi komunitas,
terbentuknya jejaring digital antar lembaga, dan transformasi dakwah ke
ruang digital.
Luaran penelitian mencakup model ekosistem DELI-MAS final, platform
digital adaptif, modul ekopedagogi digital, artikel ilmiah, serta policy brief
nasional. Model ini diharapkan menjadi rujukan strategis bagi Kementerian
Agama dan komunitas pendidikan Islam dalam membangun ketahanan sosial
ekologis berbasis nilai Islam secara inklusif, adaptif, dan berkelanjutan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: ketahanan sosial, literasi ekoteologi, pendidikan Islam, pembelajaran digital, madrasah, masjid, pesantren.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: DR Sutiah Sutiah
Date Deposited: 11 Dec 2025 13:51

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item