Responsive Banner

Strategi kepala sekolah dalam membangun lingkungan sekolah inklusif

Pasarela, Adda Wiya Roseju, Walid, Muhammad ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5887-0453 and Esha, Muhammad In'am ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8269-248X (2025) Strategi kepala sekolah dalam membangun lingkungan sekolah inklusif. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8 (12). pp. 13234-13241. ISSN 2614-8854

[img]
Preview
Text
25789.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (214kB) | Preview

Abstract

Dalam dinamika pendidikan modern yang sarat dengan perbedaan latar belakang sosial, budaya, dan kemampuan, kepala sekolah dituntut untuk memiliki kepemimpinan yang adaptif dan berorientasi pada nilai-nilai kemanusiaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam membangun lingkungan sekolah yang inklusif melalui pendekatan studi literatur terhadap berbagai hasil penelitian nasional dan internasional. Pendidikan inklusif dipahami sebagai upaya untuk memastikan semua peserta didik memperoleh kesempatan belajar yang setara tanpa diskriminasi, dengan kepala sekolah berperan sebagai pemimpin transformasional yang menumbuhkan budaya kolaboratif di lingkungan sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah artikel dari jurnal bereputasi seperti SpringerLink, ScienceDirect, MDPI, dan JSTOR, yang kemudian dianalisis secara tematik. Hasil kajian menunjukkan adanya lima dimensi utama strategi kepala sekolah, yakni: (1) kepemimpinan transformasional (2) pengembangan kapasitas guru; (3) manajemen sumber daya dan fasilitas inklusif; (4) penguatan budaya dan nilai inklusi; serta (5) kolaborasi dengan pemangku kepentingan eksternal. Kelima aspek ini terbukti berkontribusi terhadap terciptanya lingkungan belajar yang aman, setara, dan berkelanjutan. Penelitian ini menegaskan bahwa kepemimpinan berbasis transformasi dan kolaborasi merupakan fondasi utama keberhasilan implementasi pendidikan inklusif di sekolah.

Item Type: Journal Article
Keywords: strategi kepemimpinan; lingkungan sekolah inklusif; manajemen pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Muhammad Walid
Date Deposited: 09 Dec 2025 11:04

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item