Responsive Banner

Mainstreaming Moderasi Beragama Melalui Kurikulum: Ikhtiar Melawan Radikalisme di PTKIN

Sumbulah, Umi ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6052-1308 (2025) Mainstreaming Moderasi Beragama Melalui Kurikulum: Ikhtiar Melawan Radikalisme di PTKIN. In: Moderasi Beragama: Dialektika Wacana Teoritis dan Praktis. UIN Maliki Press, Malang, pp. 136-149. ISBN 978-623-232-971-3 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text (Book Chapter)
25867.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (689kB) | Request a copy

Abstract

Banyak fakta terkait dengan masalah moderasi beragama di Indonesia. Seringkali media massa menyuguhkan peristiwa kekerasan berbasis agama. Misalnya pembubaran kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh komunitas agama tertentu (https://news.detik.com), pelarangan atau pengusiran seseorang/kelompok karena berbeda keyakinan/paham/agama, dan berbagai kasus lainnya yang mengarah kepada pelanggaran kebebasan beragama
dan berkeyakinan. Karena itu, meskipun kasus-kasus itu bisa saja dinilai sebagai perilaku oknum (agama/komunitas/kelompok tertentu), namun akan menjadi bahaya yang mengancam stabilitas nasional jika dibiarkan dan tidak segera diselesaikan. Masih segar dalam ingatan tentang mahasiswa PTKIN ternama yang diduga terlibat jaringan terorisme (m.antaranews.com), ada yang tertangkap karena terlibat jaringan ISIS (m.liputan6.com/news/),
dan menyimpan bendera ISIS (Berita Metro TV medio 20 Februari 2015), ada juga yang ditangkap karena tergabung dalam jaringan NII (lipsus.kompas.com).

Item Type: Book Section
Keywords: Moderasi Beragama; Radikalisme
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mufid Mufid
Date Deposited: 10 Dec 2025 09:08

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item