Ulum, Samsul, Prastyo, Angga Teguh
ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4572-6801, Bakar, Abu
ORCID: https://orcid.org/0009-0007-6039-9550, Alam, Abdal Malik Fajar and Ismail, Adawiyah Binti
(2024)
Family Resilience and Discrimination of Muslim Mualaf in Japan: an Islamic Education Approach (Resiliensi Keluarga dan Diskriminasi Muslim Mualaf di Jepang: dalam Pendekatan Pendidikan Islam).
Research Report.
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.
|
Text
1. splitt laporan lengkap penelitian jepang 2024-1-85.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
Abstract
Resiliensi keluarga mualaf dengan pendekatan agama Islam dicirikan dengan nilai-nilai kepesantrenan yang mengilhami keluarga mualaf untuk dapat melaksanakan ekspresi keagamaannya di negeri minoritas muslim seperti Jepang. Tekanan diskriminasi maupun tekanan kerja membentuk para keluarga mualaf untuk bisa menciptakan sistem pendidikan agama Islam yang mampu memberikan waktu fleksibel namun dapat membentuk karakter selama mereka bekerja maupun melakukan aktivitas lain di dalam ruang publik maupun ruang domestik. Penelitian ini mengkonstruksi model pendidikan keluarga berbasis Pesantren pada negara minoritas Muslim di Jepang. Hal ini dimaksudkan agar keluarga muslim mualaf di Jepang mampu mengembangkan nilai-nilai karakterislam mereka dalam aspek kepribadian maupun ketika bekerja di ruang publik seperti menjadi petani maupun pekerja industri di Jepang. Dengan menggunakan model pendidikan transformatif, praktek Pendidikan Agama Islam bagi keluarga muslim mualaf minoritas, mengalami dinamika dan pengembangan berkelanjutan. Produk dari model pendekatan pendidikan transformatif tersebut, keluarga muslim mualaf di negeri minoritas muslim Jepang memiliki berbagai model alternatif pendidikan agama Islam yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi di tempat mereka tinggal maupun berdomisili.
| Item Type: | Research (Research Report) |
|---|---|
| Keywords: | keluarga muslim mualaf, pendidikan agama Islam, Negara muslim minoritas, transformatif, pesantren |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management |
| Depositing User: | Angga Teguh Prastyo |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 15:08 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric