Responsive Banner

Perlindungan Hukum Guru Di Indonesia: Hak Mendidik Di Era Hiper-Digital Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa

Haris, Abd., Putra, Kivah Aha, Nulinnaja, Ratna ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0349-6403, Rahman, Sidqi Aulia and Putra, J. Nabiel Aha Perlindungan Hukum Guru Di Indonesia: Hak Mendidik Di Era Hiper-Digital Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (In Press)

[img] Text
REPOSITORY LAPORAN LITABDIMAS PERLINDUNGAN HUKUM GURU DI INDONESIA 2025 DESEMBER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk perlindungan hukum bagi guru dalam menjalankan pendisiplinan siswa di era hiper-digital, implementasi disiplin yang dilakukan guru, serta pengaruh tingkat pengetahuan hukum terhadap praktik pendisiplinan. Secara kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa perlindungan hukum bagi guru belum kuat secara implementatif meskipun telah memiliki dasar normatif melalui UU Guru dan Dosen, PP Guru, UU Sisdiknas, Permendikbud tentang Perlindungan Pendidik, dan Pedoman Perlindungan Tenaga Kependidikan tahun 2023. Perlindungan yang paling nyata justru berasal dari organisasi sosial-keagamaan, organisasi profesi guru, dan inisiatif sekolah, yang menyediakan pendampingan litigasi maupun non-litigasi dalam menghadapi kasus kriminalisasi guru. Di sisi implementasi disiplin, guru menunjukkan perubahan signifikan menuju pendekatan yang lebih hati-hati, dialogis, terdokumentasi, dan berorientasi pada restorative justice akibat meningkatnya risiko pelaporan dan tekanan media digital. Secara kuantitatif, hasil regresi linear sederhana menunjukkan bahwa pengetahuan guru tentang perlindungan hukum berpengaruh signifikan terhadap implementasi pendisiplinan, ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan t hitung 19,291 yang lebih besar dari t tabel 1,980. Temuan ini menegaskan perlunya penguatan implementasi regulasi, penyusunan SOP nasional pendisiplinan, serta peningkatan literasi hukum bagi guru agar mereka mampu menjalankan fungsi pendisiplinan dengan aman, terukur, dan profesional di era hiper-digital.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Perlindungan, Guru, Hukum, Disiplin, Digital
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: M.Pd.I Ratna Nulinnaja
Date Deposited: 11 Dec 2025 15:13

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item