Responsive Banner

Appreciative inquiry untuk masa depan karier remaja

Nuqul, Fathul Lubabin ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3789-9940, Amalia, Rahmatika Sari ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4247-7283, Aghniacakti, Ainindita ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5751-6209 and Halida, Hilda ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0859-9321 (2025) Appreciative inquiry untuk masa depan karier remaja. Diva Pustaka, Purbalingga. ISBN 978-634-7427-46-5 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
25937.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Appreciative Inquiry mampu membantu individu dalam melakukan pencarian evolusi bersama untuk menemukan yang terbaik dalam diri manusia, organisasi mereka, dan dunia yang relevan di sekitar mereka. Appreciative Inquiry merupakan seni dan praktik menyampaikan pertanyaan terkait dengan kapasitas untuk memahami, mengantisipasi, dan meningkatkan potensi positif (Cooperrider, dkk dalam Wassell (2007)). Cooperrider, dkk (2007) menyatakan bahwa Appreciative Inquiry merupakan filosofi yang menggabungkan proses Discovery, Dream, Design, dan Destiny dengan melibatkan orang-orang dari berbagai level untuk menghasilkan perubahan yang efektif dan positif. Pada tahap discovery dilakukan penggalian positif mengenai kekuatan maupun keunggulan diri untuk mencapai prestasi di masa lalu, untuk dapat dimanfaatkan kembali dalam mencapai impian di masa depan. Pada tahapan dream individu diminta untuk berimajinasi dan mendiskusikan seperti apa individu dapat berkembang jika diselaraskan dengan kekuatan yang dimiliki. Hasil dari fase ini menghasilkan peta impian yang dapat dilanjutkan hingga merumuskan visi. Pada tahapan design, dilakukan identifikasi langkah-langkah untuk menggerakkan diri menuju masa depan yang diharapkan. Terakhir pada tahapan destiny menekankan pada perubahan jangka panjang dengan meningkatkan pelaksanaan action plan, memonitor progres, dan mengembangkan strategi yang dimiliki untuk mencapai mimpi dan visi masa depan (Cooperrider dan Whitney, 2005). Appreciative Inquiry pada awalnya lebih banyak dikenal sebagai pendekatan yang digunakan dalam pengembangan organisasi. Namun, pendekatan ini sebenarnya juga memiliki potensi besar untuk diterapkan di dunia pendidikan. Melalui pendekatan apresiatif ini, siswa dapat dibantu untuk melihat kekuatan diri, kemampuan positif, serta pengalaman berharga yang dapat digunakan sebagai landasan dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk dalam menentukan arah karier dan mengelola kecemasan karier. Pendekatan yang berfokus pada kekuatan ini membuka peluang bagi siswa untuk mengenali potensi terbaik dalam diri mereka, sehingga mereka dapat lebih percaya diri dalam membuat keputusan tentang masa depannya. Dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Appreciative Inquiry, proses pengambilan keputusan karier dapat menjadi lebih terarah, positif, dan memberdayakan, sehingga siswa Madrasah Aliyah diharapkan mampu memilih jalan karier yang sesuai dengan minat, bakat, serta tujuan hidup mereka.

Item Type: Book
Keywords: Appreciative Inquiry, Kecemasan Karir, Karir Remaja
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Hilda Halida
Date Deposited: 12 Dec 2025 08:45

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item