Danial Hilmi, Siti Fatimah, Kartika Ratnasari (2025) Strategi Metakognitif dan Implikasinya dalam Penguasaan Membaca Teks Arab Mahasiswa PTKIN Jawa Timur (sertifikat hak cipta). 001054985.
|
Text
SuratCiptaan_EC002025214725.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi metakognitif dan implikasinya terhadap penguasaan membaca teks Arab pada mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Jawa Timur, khususnya di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Kyai Haji Ahmad Siddiq Jember, dan UIN Madura. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya kesadaran metakognitif mahasiswa dalam memahami teks Arab, meskipun memiliki kemampuan membaca rata-rata tinggi, yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi seperti AI dan kurangnya strategi mandiri. Rumusan masalah mencakup deskripsi strategi metakognitif, tingkat penguasaan membaca, dan implikasinya. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan strategi metakognitif, menganalisis tingkat penguasaan, serta implikasi terhadap kemampuan membaca teks Arab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan instrumen MARSI-R (Metacognitive Awareness of Reading Strategies Inventory – Revised) dan pengamatan, melibatkan mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah maharah qira'ah. Hasil menunjukkan strategi metakognitif berada pada tingkat sedang (sinergitas 68,10%, dominan medium 67%), tingkat penguasaan membaca baik (rata-rata 76,46, dengan 61% pada kategori baik-sangat baik), dan implikasi positif sinergitas strategi dalam mengatasi hambatan pemahaman, meskipun belum optimal akibat variasi individu dan kurangnya pelatihan. Implikasi penelitian menekankan perlunya integrasi strategi metakognitif dalam kurikulum untuk meningkatkan kemandirian belajar, dengan rekomendasi pengembangan modul dan pendekatan personal bagi dosen.
| Item Type: | Hak Cipta |
|---|---|
| Keywords: | Strategi metakognitif, penguasaan membaca teks Arab, mahasiswa PTKIN Jawa Timur, MARSI-R |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
| Depositing User: | Siti Fatimah |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 10:30 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric