Responsive Banner

Madrasah Moderasi Beragama, Dari Mana Memulai Ta’lim

Zuhdy, Halimi ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1579-5534 (2025) Madrasah Moderasi Beragama, Dari Mana Memulai Ta’lim. In: Moderasi Beragama, Dealektika Wacana, Teoritis dan Praktis. Moderasi, I (I). UIN Maliki Press, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, pp. 168-174. ISBN 978-623-232-971-3 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
cover pdf_2_3_4_merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini menegaskan pembedaan mendasar antara moderasi beragama (cara beragama yang seimbang) dan moderasi agama (seolah-olah “mengubah” ajaran), karena kekeliruan memahami istilah akan melahirkan persepsi yang salah. Moderasi beragama diposisikan sebagai cara hidup yang berakar pada ajaran, terutama prinsip wasathiyah yang menolak dua kutub ekstrem: fanatisme berlebihan (ifrath) dan sikap serba longgar (tafrit). Artikel ini memetakan titik mula “ta’lim” moderasi beragama secara bertahap: dimulai dari individu (pengendalian pikiran-emosi, penolakan ekstremisme, pendalaman pemahaman teks dan tujuan agama), lalu bergerak ke keluarga sebagai “madrasah pertama” melalui pola asuh dialogis dan keteladanan moral, kemudian melebar ke relasi tetangga dan komunitas lewat praktik penghormatan perbedaan, kerja sama sosial, dan dialog lintas iman. Selanjutnya, lembaga pendidikan—dari madrasah hingga universitas—ditekankan sebagai arena strategis pembentukan kesadaran moderat melalui kurikulum seimbang yang mengintegrasikan ilmu agama dan humaniora serta ruang diskusi rasional. Pada akhirnya, Indonesia dipandang berpotensi menjadi model global moderasi beragama karena keberagaman yang dapat menjadi sumber kekuatan bila dikelola melalui dialog, penghormatan pluralisme, dan penolakan kekerasan; singkatnya, moderasi bukan slogan, tetapi kebiasaan harian—mulai dari diri sendiri

Item Type: Book Section
Keywords: Moderasi Beragama, Madrasah Mdoerasi, Taklim Moderasi, Memulai Moderasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Halimi Zuhdy Zuhdy
Date Deposited: 15 Dec 2025 10:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item