Mustofa, Bisri, Kholil, Ahmad and Fitrotulloh, M. Rofik
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4140-9377
(2025)
Ma’had Al- Jami’ah: Pusat Moderasi Beragama dan Pendidikan Qur’ani di Era Modern.
UIN Maliki Press, Malang.
ISBN 978-623-232-988-1
UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
|
Text
Ma’had al-Jami’ah - 24 11 25.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah,serta inayah-Nya kepada kita semua. Shalawat dan salam senantiasa tercurahkepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan parapengikutnya yang istiqamah dalam menegakkan ajaran Islam. Dengan penuhrasa syukur, kami mempersembahkan buku ini dengan judul “Ma’hadal-Jâmi’ah: Pusat Moderasi Beragama dan Pendidikan Qur’ani di Era Modern” sebagai wujud kontribusi terhadap pengembangan pendidikan Islamyang moderat, inklusif, dan berbasis nilai-nilai Qur’ani.
Buku ini hadir sebagai refleksi atas peran strategis Ma’had al-Jâmi’ah dalam membangun generasi Qur’ani yang memiliki karakter moderat, berwawasan luas, dan mampu menghadapi tantangan zaman. Di tengah dinamika globalisasi dan arus ideologi yang beragam, pendidikan Islammemiliki tanggung jawab besar dalam menanamkan nilai-nilai keislaman yang selaras dengan semangat kebangsaan dan perdamaian. Oleh karena itu, Ma’had al-Jâmi’ah tidak hanya berfungsi sebagai tempat pembelajaranAl-Qur’an, tetapi juga sebagai pusat pembinaan karakter dan moderasi beragama.
Melalui buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami berbagai aspek fundamental dalam pengelolaan dan pengembangan Ma’had al-Jâmi’ah. Bab pertama membahas Misi Ma’had al-Jâmi’ah: Membangun Generasi Qur’ani yang Moderat, yang menekankan pada visi dan komitmenMa’had dalam mencetak lulusan yang memiliki kecakapan intelektual dan spiritual. Bab kedua mengulas Moderasi Beragama, Literasi Al-Qur’an, danPeacebuilding sebagai fondasi pendidikan Islam di era modern, yang menjadipilar utama dalam membangun peradaban yang harmonis dan berkeadaban.Selanjutnya, pembahasan mengenai Manajemen dan Kepemimpinan Ma’had al-Jâmi’ah UIN Maliki Malang akan memberikan wawasantentang bagaimana sistem pendidikan di Ma’had dikelola secara profesional dan berkelanjutan. Bab keempat mengangkat isu penting terkait Membangun Kultur Moderat di Ma’had al-Jâmi’ah, yang memuat strategi, tantangan,dan solusi dalam menginternalisasi nilai-nilai moderasi beragama di lingkungan pendidikan. Terakhir, buku ini ditutup dengan kajian mengenai Character Building Generasi Qur’ani, yang menyoroti strategi pembinaanbaca-tulis Al-Qur’an sebagai bagian integral dari pembentukan karakter mahasiswa di Ma’had al-Jâmi’ah.
Harapan kami, buku ini dapat memberikan manfaat bagi para akademisi,pengelola pesantren, mahasiswa, serta semua pihak yang peduli terhadap penguatan moderasi beragama dalam pendidikan Islam. Semoga ikhtiar ini menjadi bagian dari upaya menciptakan generasi yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga memiliki kesadaran sosialdan spiritual yang kuat dalam membangun kehidupan yang damai dan penuh keberkahan.
Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan rujukan dalam mengembangkan pendidikanIslam yang moderat, inklusif, dan berbasis Al-Qur’an.
| Item Type: | Book |
|---|---|
| Keywords: | - |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
| Depositing User: | Benny Afwadzi |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 21:24 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric