Penilaian Good University Governance pada Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum: Studi di Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum di Kota Malang

Slamet, Slamet and Hasan, Irmayanti and Lestari, Yona Octiani (2014) Penilaian Good University Governance pada Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum: Studi di Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum di Kota Malang. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. (Unpublished)

[img] Text (Full text laporan penelitian)
Dok12-Good-University-Governance.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Transformasi PT bermakna melaksanakan mandat regulasi tentang pembiayaan, akses, dan kualitas. Ada beberapa komponen kunci PT dalam menentukan arah strateginya, yaitu berorientasi pasar, mendokumentasikan perbedaan, melaksanakan nilai-nilai, mengukur budaya, institusi yang fleksibel, keberlanjutan pendanaan, inovasi pendidikan, dan melayani stakeholder. Dalam kontek PT di Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, yang mana telah mencanangkan konsep Higher Education Long Term Srategy (HELTS) tahun 2003-2010 yang bertumpu pada tiga pilar utama, yaitu: autonomy, organizational health, dan nation's competitiveness. Ketiga pilar tersebut dapat terwujud secara baik jika konsep Good University Governance (GUG). Otonomi perguruan tinggi dapat diwujudkan jika perguruan tinggi melaksanankan GUG secara baik. UU Nomor 17 Tahun 2003, UU Nomor 1 Tahun 2004, PP Nomor 23 Tahun 2005 yang diperbaharui dengan PP Nomor 74 Tahun 2012 dan PMK Nomor 119/PMK.05/2007, beberapa peraturan tersebut selaras dengan tuntutan konsep GUG. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah sejauhmana implementasi GUG di PT-BLU itu sendiri.

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan penilaian implementasi GUG PTN-BLU di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penilaian prinsip GUG pada PTN-BLU di Kota Malang. Aspek penilaian meliputi aspek transparansi, aspek partisipasi, aspek supermasi hukum, aspek akuntabilitas, dan aspek efektifitas. Paradigma penelitian adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei dengan sampel sejumlah 118 responden. Analisis data menggunakan pendekatan statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek transparan dalam kategori baik, dengan indikator rata-rata parameter penilaian 85,11%. Apek partisipasi dalam kategori baik, dengan indikator rata-rata parameter penilaian sebesar 81%. Aspek supermasi hukum dalam kategori baik, dengan indikator rata-rata parameter penilaian sebesar 83,28%. Aspek akuntabilitas kategori cukup, dengan indikator rata-rata parameter penilaian sebesar 78,66%. Terakhir aspek efektifitas kategori baik, dengan indikator rata-rata parameter penilaian sebesar 82%.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Faizuddin Harliansyah
Date Deposited: 04 Mar 2016 01:49

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item