Konsep pembelajaran Bahasa Arab menurut Ibnu Khaldun

Machmudah, Umi (2015) Konsep pembelajaran Bahasa Arab menurut Ibnu Khaldun. Research Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
2773.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bentuk pembelajaran bahasa yang berwujud pada aneka macam kegiatan pembelajaran bahasa sangat ditentukan oleh bagaimana seseorang memandang hakekat bahasa.manusia. Konsep bahasa dari “the father of sociology” Ibnu Khaldun, menginspirasi beberapa pakar bahasa yang datang setelahnya seperti Chomsky dll. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan “fase-fase bahasa menurut Ibnu Khaldun, konsep bahasa menurut Ibnu Khaldun, posisi konsep bahasa Ibnu Khaldun diantara pakar bahasa lainnya dan konsep pembelajaran bahasa Arab menurut Ibnu Khaldun”.

Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, metode pengumpul data melalui survey pada buku buku “Muqaddimah Ibnu Khaldun” sebagai data utama (primary resources) dan buku “Ibnu Khaldu wa al Hadaatsah” sebagai data kedua (secondery resources) dan analsis yang dipergunakan adalah analisis isi (content analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses berbahasa pada manusia melalui dua fase yakni fase pencandraan realita dan fase penjelasan, 2) definisi “bahasa” sebagai “ekspresi seorang pembicara tentang maksudnya. Ekspresi tadi merupakan perbuatan lisan/mulut yang muncul untuk menyampaikan maksud tertentu dengan menggunakan kalimat, 3) Titik temu Ibnu Khaldun dan para tokoh linguistic dalam konsep “Bahasa” adalah pada: a) Bahasa adalah suara, b) Kata- kata terdiri dari unit suara yang terpisah, c) Kata-kata mengandung arti, d) Kata- kata merupakan sesuatu yang tidak terbatas karena suara juga tidak terbatas, e) Bahasa didasarkan pada dua tingkatan, tingkatan kata dan tingkatan suara, f) Bahasa adalah istilah, g) Bahasa berbeda antara satu masyarakat dengan masyarakat yang lainnya, h) Bahasa merupakan sarana ekspresi, i) Bahasa adalah aktifitas yang disengaja, j) Bahasa adalah penguasaan lisan, k) Bahasa merupakan keutamaan manusia yang bisa diupayakan pemerolehannya. 4) Konsep pembelajaran bahasa Arab yakni melalui “malakah/ penguasaan” Bahasa bisa dicapai melalui “pemeliharaan dan penggunaan” Bahasa tersebut dan Bahasa tersebut semakin bertambah menancap dan kuat selanjutnya melalui “keselamatan tulisan” dan “pemahaman yang baik” melalui praktek untuk menumbuhkan “rasa Bahasa” yang dibuktikan melalui tulisan yang benar.

Dengan teori ini Ibnu Khaldun telah lebih dahulu memaparkan metode atau kurikulum dalam pembelajaran Bahasa Nasional. Yakni suatu metode yang mementingkan pembentukan “malakah/ penguasaan” Bahasa terlebih dahulu kemudian dengan rahasiarahasia penciptaan bahasa secara cerdas. Hal ini terwujud melalui “banyak menghafal Bahasa Arab” sehingga tergambar dalam benaknya “motif- motif” dimana orang- orang Arab menenun susunan- susunan kalimatnya .

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Indar Ristamonika Erdiana
Date Deposited: 31 May 2018 12:15

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item