Perubahan budaya belajar dan inovasi pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Studi multi kasus di SMP Negeri 3 dan SMP Islam Kota Malang

Sutiah, Sutiah (2017) Perubahan budaya belajar dan inovasi pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Studi multi kasus di SMP Negeri 3 dan SMP Islam Kota Malang. Research Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
04. Bu Sutiah, Penelitian Budaya Belajar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA :

Perubahan budaya belajar dan pembelajaran dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 termasuk dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti menjadi keniscayaan. Proses belajar dan pembelajaran menuntut penigkatan kompetensi lulusan baik dari segi soft skill maupun hard skill yang meliputi aspek sikap (attitude), pengetahuan (Intelektual), dan ketrampulan (Skill). Dalam kurikulum 2013 mengupayakan perubahan keseimbangan pengembangan kompetensi spiritual, social, pengetahuan dan keterampilan secara utuh dalam pembelajaran. Standar Proses yang semula terfokus pada Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi dikembangkan dengan dilengkapi pendekatan ilmiah (scientific approach) melalui tahapan 5M (Mengamati, Menanya, Mengekplorasi, Mengasosiasi, Mengkomunikasikan). Belajar dikembangkan tidak hanya di ruang kelas, tetapi juga di lingkungan sekolah dan masyarakat dan guru bukan satu-satunya sumber belajar. Sikap tidak diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh dan teladan. Pergeseran dari penilain melalui tes (mengukur kompetensi pengetahuan berdasarkan hasil saja), menuju penilaian otentik (mengukur semua kompetensi sikap,iv keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil)Proses belajar mengajar yang efektif semestinya menumbuhkan daya kreasi, daya nalar, rasa keingintahuan (curiosity), dan eksperimentasi-eksperimentasi untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan baru (meskipun hasilnya keliru), memberikan keterbukaan terhadap kemungkinan-kemungkinan baru, menumbuhkan demokrasi, dan memberikan toleransi pada kekeliruan-kekeliruan akibat kreativitas berpikir itu.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Budaya Belajar; Inovasi Pembelajaran; Kurikulum 2003; PAI; Budi Pekerti: Siswa SMP
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Islamic Education Management
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 31 May 2018 05:26

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item