Analisis Kontrastif Majaz Bahasa Arab-Indonesia dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Ilmu Bayan Pada Mata Kuliah Balaghah II

Hilmi, Danial (2016) Analisis Kontrastif Majaz Bahasa Arab-Indonesia dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Ilmu Bayan Pada Mata Kuliah Balaghah II. Research Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (full text)
2856.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (771kB) | Preview

Abstract

Majaz merupakan sebuah gaya bahasa yang diungkapkan dengan tujuan memberikan kesan yang mendalam terhadap apa yang akan disampaikan oleh mutakallim. Hal ini terjadi karena keadaan manusia yang menginginkan berbicara dengan singkat tetapi dapat tersampaikan secara utuh dan lengkap. Dalam banyak ungkapan, kadang gaya bahasa berfungsi untuk memperindah bahasa sehingga mampu menghipnotis mustami’nya. Berdasarkan realita bahwa pembelajaran Ilmu Bayan khususnya mengalami kendala yaitu kurang fahamnya mahasiswa dalam mempelajarinya. Oleh karena itu peneliti melakukan analisis kontrastif antara bentuk majaz bahasa Arab dan Bahasa Indonesia yang berfungsi meningkatkan pemahaman mereka tentang gaya bahasa majaz yang melibatkan ujaran yang dipakai mereka sehari-hari.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana jenis penelitiannya adalah studi literatur tentang bentuk gaya bahasa majaz bahasa Arab dan Indonesia serta implikasinya dalam pembelajaran Ilmu Bayan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis kontrastif majaz bahasa Arab dan Indonesia serta implikasinya dalam pembelajaran Ilmu Bayan.

Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bahwa persamaan bentuk majaz bahasa Arab dan indonesia terletak pada bentuk seperti Majas Perbandingan, Sindiran, Penegasan dan Pertautan. Namun terdapat perbedaan dalam beberapa hal terutama tidak terdapatnya Wajh Syibih dalam bahasa Indonesia maupun istilah tertentu yang tidak dikategorikan di dalamnya seperti tidak terdapatnya pembagian berdasarkan keterangan yang mengikutinya, bentuk majaz yang menghilangkan salah satu tharaf serta bentuk kata yang menjadi Alaqah dan Qarinah yang menjadi ciri khas dalam majaz Bahasa Arab. 2) Implikasi penerapan analisis kontrastif dalam pembelajaran tampak bahwa mahasiswa dapat lebih memahami kandungan yang ada dalam teks bahasa Arab khususnya al-Qur’an dan al-Hadits karena mereka diajak untuk menghayati dan meresapi ujaran yang ada di sekeliling mereka sendiri sebagai bagian dari kontrastif dua bahasa tersebut.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Majaz Bahasa Arab-Indonesia; Ilmu Bayan; Balaghah
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 31 May 2018 13:43

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item