Tipologi belajar mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab pada mata kuliah Balaghah ditinjau dalam perspektif multiple intelegensi

Hilmi, Danial (2017) Tipologi belajar mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab pada mata kuliah Balaghah ditinjau dalam perspektif multiple intelegensi. Research Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (full text)
2883.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Ilmu Balaghah merupakan sebuah proses pembelajaran yang mengarahkan kepada peserta didiknya untuk memahami, mengamati serta mengekspresikannya melalui sebuah kata-kata yang efektif. Namun dalam proses pembelajarannya kerap kali ditemukan kesulitan belajar karena tidak memperhatikannya pengajar melalui tipologi belajar yang dialami oleh mahasiswa sebagai peserta didik. Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab di UIN Maulana Malik Ibrahim mempelajari didalamnya ilmu Balaghah sehingga tipe belajar harus dikenali untuk diberikan tindakan pengajaran yang tepat. Dalam pada itu proses pembelajaran di kelas tersebut sebagai hasil pengamatan bahwa akomodasi tipe belajar telah dilakukan dengan baik sehingga hasil belajar pun menunjukkan hasil yang baik pula. Disatu sisi, multiple intelegensi mahasiswa pun mencerminkan kesiapan untuk menjalankan amanah belajar dengan baik, tertib dan disiplin.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methode(gabungan kualitatif dan kuantitatif) yang lebih fokus pada mendeskripsikan data dan analisis secara komprehensif. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tipe belajar dan multiple intelegensi mahasiswa jurusan PBA dalam mata kuliah Balaghah serta tipologi belajar mahasiswa ditinjau dalam perspektif
multiple intelegensi.

Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bahwa tipe belajar mahasiswa jurusan PBA dalam mata kuliah Balagah didominasi oleh pembelajar Auditori yang disusul oleh Visual dan sedikit Kinestetik. 2) Multiple intelegensi mahasiswa jurusan PBA dalam mata kuliah Balaghah beragam dengan didominasi kecerdasan yang kurang terkait dengan kebahasaan seperti eksistensial, interpersonal dan musikal. Kecerdasan linguistik baru menyusul di tingkat ke empat, namun terkait dengan Balaghah dapat berkaitan dengan hal tersebut. Dan 3) keselarasan antara tipe belajar mahasiswa dan multiple intelegensi berkaitan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa. Tiga tipe belajar yang dimiliki oleh mahasiswa berjalan beriringan dengan kecerdasan majemuk yang dimiliki khususnya pada aspek Linguistik, Visual dan Kinestetik untuk menambah pemahaman secara komprehensif dan integral.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Tipologi Belajar; Ilmu Balaghah; Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab; UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 31 May 2018 06:36

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item