Aziz, Rahmat (2015) Model perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa pascasarjana. Journal of Islamic Education, 1 (2). pp. 269-291. ISSN 2086-5902
|
Text
Journal Model Prokrastinasi Revised Repository.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang model perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa pascasarjana dan untuk menjelaskan faktor yang mempengaruhi terhadap perilaku tersebut, yang dalam penelitiam imi difokuskan pada variabel konsep diri akademik dan ketakutan terhadap kegagalan. Subjek penelitian diambil dari 70 mahasiswa jurusan Magister Pendidikan Agama Islam dan Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Malang. Data diambil dengan menggunakan alat ukur Procrastination Assessment Scale Student (PASS), The Academic Self-Concept Questionnaire (ASCQ), dan Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) prokrastinasi akademik dan konsep diri akademik subjek penelitian berada pada kategori tinggi, sedangkan ketakutan terhadap kegagalan subjek berada pada kategori rendah; 2) konsep diri akademik berpengaruh sebesar 33% terhadap tinggi rendahnya prokrastinasi akademik subjek; dan 3) konsep diri tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap prokrastinasi akademik melalui variabel ketakutan terhadap kegagalan. Namun, ketika variabel ketakutan terhadap kegagalan dikorelasikan dengan prokrastinasi ditemukan hubungan yang signifikan, artinya semakin tinggi tingkat ketakutan terhadap kegagalan maka semakin tinggi pula tingkat prokrastinasi akademiknya.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Dr, Rahmat Aziz, M.Si |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 18:02 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |