Pertimbangan penentuan pengendali keuangan keluarga: Sebuah analisa nilai peran gender dalam interaksi pasangan suami istri

Nuqul, Fathul Lubabin (2010) Pertimbangan penentuan pengendali keuangan keluarga: Sebuah analisa nilai peran gender dalam interaksi pasangan suami istri. Working Paper. UIN Maliki Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Keadilan dalam rumah tangga.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Relasi antara suami istri dalam ikatan rumah tangga merupakan relasi yang unik, faktor budaya dalam berkeadilan menjadi hal penting untuk mengelola keluarga, misalnya keuangan. Penelitian ini melibatkan 137 orang. Latar belakang subyek penelitian adalah mahasiswa, dengan perincian 111 orang perempuan dan 26 orang laki-laki. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket terbuka. Hasilnya menunjukkan bahwa ada proporsi yang seimbang pada penilain keadilan pada pihak (suami-istri) sebagai pihak pengendali keuangan. Untuk alasan yang mendasari pada mereka yang memilih suami sebagai pengendali keuangan lebih karena merasa bahwa suami adalah kepala keluarga (gender role orientation), sedangkan pada pihak yang merasa istrilah yang harus mengendalikan finansial keluarga lebih berorientasi pada kompetensi istri dibandingkan peran.

Item Type: Research (Working Paper)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170105 Gender Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Dr Fathul Lubabin Nuqul
Date Deposited: 20 Apr 2016 11:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item