Pengaruh kegiatan synectics terhadap kemampuan menulis kreatif

Aziz, Rahmat (2009) Pengaruh kegiatan synectics terhadap kemampuan menulis kreatif. Gifted Review: Jurnal Keberbakatan dan Kreativitas, 3 (2). pp. 1-14. ISSN 1979-2489

[img]
Preview
Text
Synectics dan Menulis Kreatif.pdf

Download (752kB) | Preview

Abstract

Kreativitas adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan baik bagi individu yang bersangkutan maupun bagi kehidupan sosial, karena itu pendidikan bertanggung jawab untuk mengembangkannya. Namun, proses pendidikan yang berlangsung saat ini kurang berpihak pada pengembangan kreativitas siswa, salah satu indikatornya adalah model pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk memunculkan metode alterntaif dalam mengembangkan kreativitas dalam bentuk menulis kreatif.
Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimental yang bertujuan untuk menguji synectics dalam mengembangkan kemampuan menulis kreatif dengan menyertakan sikap kreatif sebagai variabel kovariat. Pelajaran yang digunakan sebagai sarana pemberian perlakuan adalah bahasa Indonesia yang dianggap cocok untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan menulis kreatif dalam bentuk menulis karangan. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas tujuh (VII) MTs Surya Buana Malang sebanyak 48 orang (24 untuk kelompok analogi dan 24 untuk kelompok pembanding). Pengambilan data dilakukan dengan tes menulis kreatif dan skala sikap kreatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis multivariate analysis of covariance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan synectics efektif dalam mengembangkan kemampuan menulis kreatif.

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Dr, Rahmat Aziz, M.Si
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:30

Actions (login required)

View Item View Item