Rohmah, Galuh Nur (2016) Exploring professional development of EFL teachers. Research Report. Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)
Text (full text)
3807.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (784kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji aktifitas pengembangan profesional dosen bahasa Inggris pada level institusi dan inisiatif sendiri. Dosen dituntut terlibat aktif dalam mengembangkan profesionalnya baik yang bersifat institusional maupun atas inisiatif sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari dosen bahasa Inggris di Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Data berupa jawaban tertulis dosen terhadap kuestioner terbuka yang mencakup dari 3 pertanyaan: 1) Bagaimana keterlibatan dosen dalam pengembangan profesional secara institusional?, 2) Bagaimana keterlibatan dosen dalam pengenbangan profesional berdasarkan initiatif sendiri?, dan 3) Bagaimana dosen mempersepsikan tentang pentingnya pengembangan profesional?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen terlibat aktif dalam pengembangan profesionalnya terutama dalam kaitan dengan kegiatan yang bersifat rutin yang diselenggarakan institusi dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Untuk kegiatan dari inisiatif dosen, jenisnya lebih beragam dan dinamis. Adapun aspirasi yang disampaikan para dosen adalah dibutuhkan dukungan yang sangat memadai dalam hal keuangan, fasilitas, dan terlebih lagi dukungan berupa kegiatan yang bersifat berkesinambungan. Terkait dengan bagaimana dosen mempersepsikan pentingnya pengembangan profesional, hal ini dinilai sangat penting karena pengembangan profesional berpengaruh besar pada performa mengajar dan orientasi pada praktek pembelajaran. Selanjutnya, dapat disarankan bahwa pihak institusi memberikan dukungan yang memadai agar dosen dapat mengembangkan profesionalisme dengan sangar baik. Untuk penelitian berikutnya, disarankan mengkaji yang lebih spesifik yaitu tentang bagaimana dosen mengembangkan profesionalisme dalam bidang teknologi dan evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | TPD, EFL writing |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters |
Depositing User: | Galuh 085257478585 Rohmah |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 16:42 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |