Critical reading: The Students’ Problems, Strategies, and Reflections

Rohmah, Galuh Nur (2015) Critical reading: The Students’ Problems, Strategies, and Reflections. Research Report. Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. (Unpublished)

[img] Text (full text)
3813.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (660kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji membaca kritis dari aspek masalah yang dihadapi siswa, strategi yang dilakukan, dan refleksi tentang pembelajaran Reading III. Fokus mata kuliah ini adalah membaca kritis berbagai jenis teks, teks akademik dan fiksi. Membaca kritis merupakan level ketrampilan membaca yang paling tinggi, sehingga sangatlah penting untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana mahasiswa melakukan pembacaan kritis terhadap sebuah teks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari mahasiswa semester IV yang sedang menempuh Reading III. Data berupa jawaban mahasiswa terhadap kuestioner terbuka yang terdiri dari 3 pertanyaan: 1) Masalah apa yang dihadapi dalam membaca kritis?, 2) Strategi apa yang dilakukan untuk dapat membaca kritis?, dan 3) Bagaimana Reading III dapat memfasilitasi untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi masalah aspek linguistik (tata bahasa dan kosa kata yang kompleks, struktur sintaksis), konten (informasi detail) dan non-linguistik (minat membaca). Strategi yang digunakan terdiri dari strategi ketrampilan membaca (literal dan inferensial, analisa) dan non-ketrampian (meningkatkan motivasi dan diskusi dengan teman). Terkait dengan refleksi, mahasiswa mereflesikan bahwa pembelajaran Reading III memfasilitasi mereka utuk membaca kritis melalui analisa teks, meringkas, dan mengembangkan pertanyaan. Selanjutnya, dapat disarankan bahwa pembelajaran Reading agar lebih melatih mahasiswa menganlisa dan mengevaluasi, dan ketrapilan mengembangan pertanyaan dalam proses sebelum, ketika, dan sesudah membaca. Untuk penelitian berikutnya, dalam mengkaji starategi mana yang lebih efektif untuk membaca kritis

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: critical reading; EFL reading; problem; strategies; reflection
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Galuh 085257478585 Rohmah
Date Deposited: 07 Dec 2018 17:46

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item