Merajut benang kusut: Studi kasus kerukunan hidup antarumat beragama di Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang

Suprayogo, Imam and Zainuddin, M and Cholil, Mufidah and Yunus, M (2000) Merajut benang kusut: Studi kasus kerukunan hidup antarumat beragama di Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Research Report. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full text)
merajut.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (432kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengangkat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan kerukunan hidup antarumat beragama, kondisi, bentuk dan perwujudannya, hubungan antar tokoh dengan umat, serta peran yang diwujudkannya dalam membentuk kerukunan hidup antarumat beragama tersebut.

Dari pemaparan dan analisis data sebagai mana yang telah diuraikan di depan, dapat disimpulkan bahwa kondisi dan suasana kehidupan beragama di Sitiarjo terlihat baik dan semarak. Fenomena ini dapat dilihat dari kebersamaan mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari yang sepi dari konflik. Secara formal, suasana semarak kehidupan beragama ini juga terlihat dari jumlah tempat ibadah yang cukup representatif bagi desa tersebut serta padatnya aktivitas keagamaan di gereja, masjid atau mushalla dan juga rumah-rumah keluarga yang digunakan untuk beribadah.

Kerukunan umat beragama di desa Sitiarjo tampak tercipta dengan baik. Bentuk kerukunan ini termanifestasi dalam hubungan sosial dan kemanusiaan secara kental, misalnya membangun prasarana dan sarana fisik berupa pasar, jembatan, kooperasi dan seterusnya.

Pada level hubungan antar tokoh agamanya, kerukunan hidup antarumat beragama di sini juga tampak harmonis dan terbina dengan baik. Suasana yang sama juga tampak dalam hubungan antar tokoh agama dengan aparatur pemerintahnya. Pola hubungan antar tokoh agama dan aparat pemerintah di sini terlihat komunikatif dan koordinatif. Ada kerjasama yang memadai untuk mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan hidup kemasyarakatan.

Kondisi kehidupan beragama di desa Sitiarjo menunjukkan suasana yang menggembirakan, dimana antara agama satu dengan yang lainnya saling memperlihatkan kehidupan yang harmonis. Hampir tidak ada konflik yang muncul, baik di tingkat umat maupun tokoh agamanya. Faktor-faktor yang mendorong terciptanya kerukunan hidup antarumat beragama di desa Sitiarjo ini adalah:

1. Faktor tradisi. Dimana faktor ini sudah terbentu sejak nenek moyang dulu dan sampai sekarang masih terus berlangsung.

2. Faktor aliran dan mazhab. Dimana faktor aliran dan mazhab yang ada di dalam agama Kristen dan Islam di desa Sitiarjo ini merupakan aliran dan mazhab yang moderat, yaitu Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) dan Nahdhatul Ulama (NU).

3. Faktor dakwah dan misi. Dakwah dan misi yang disampaikan oleh juru dakwah terkait dengan masalah-masaalah pembinaan umat dan pemberdayaan ekonomi dan menjauhkan dari sikap permusuhan antarumat beragama. Selain itu, pendekatan yang digunakan oleh para tokoh agama dalam mewujudkan kerukunan ini bersifat etis-humanis dan kultural.

Keseluruhan paparan data dan pembahasan dalam penelitian ini merupakan refleksi dari kondisi riil umat beragama di desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Tetapi, karena ia merupakan penelitian pertama yang mencoba mengungkap kerukunan hidup antarumat beragama di desa tersebut, maka tentu saja penelitian ini masih menyisakan permasalahan yang menarik untuk diteliti atau diperdalam. Oleh karena itu, kepada para peneliti berikutnya hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai rujukan atau sumber informasi awal bagi kegiatannya di lapangan. Sebaliknya, sekiranya ada hal-hal yang kurang dalam penelitian ini, peneliti mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan penelitian ini.

Akhirnya peneliti menyarankan, hendaknya masyarakat Sitiarjo tetap bertekad untuk terus mempertahankan hal-hal baik yang sudah terbina di antara umat beragama selama ini.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Depositing User: Faizuddin Harliansyah
Date Deposited: 04 May 2016 12:23

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item