Pengembangan media berbasis software ARCGIS untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi peta Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Purwita, Ninja Panju, Muhayani, Ulfah, Nurfianto, Darma and Alfian, Achmad Hadi (2016) Pengembangan media berbasis software ARCGIS untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi peta Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text (Fulltext)
4366.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam bidang pendidikan. Media merupakan salah satu alat yang memiliki peran cukup penting agar pembelajaran menjadi lebih menarik, bervariasi dan tidak membosankan. Pembuatan media berbasis software ArcGIS dalam pembelajaran dengan cara membuat peta digital yang berfungsi menunjukkan gambar serta informasi-informasi yang ada dalam peta agar mahasiswa dapat memahami dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan tata cara mengembangkan media softwareArcGIS dalam pembelajaran IPS materi peta. (2) Untuk mengetahui sejauh mana software ArcGIS dapat meningkatkan hasil motivasi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakanResearch and Development(R & D). Model pengembangan mengacu pada Borg ang Gall melalui sepuluh tahapan, antara lain: pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji lapangan, revisi produk akhir dan diseminasi serta implementasi.

Data yang digunakan dalam pengembangan ini diperoleh dari uji coba awal melalui hasil validasi ahli media dan ahli materi. Kemudian data yang diambil dari uji coba lapangan yaitu berupa angket kepada 10 orang mahasiswa. Setelah itu data diperoleh dari angket hasil uji lapangan kepada kelas C angkatan 2013 jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hasil angket sebelum media direvisi pada uji coba lapangan sebesar 76%. Sedangkan hasil angket setelah media direvisi pada uji coba lapangan sebesar 83%. Hasil angket sebelum media direvisi pada uji lapangan sebesar 80%. Sedangkan hasil angket sesudah media direvisi pada uji lapangan sebesar 96%. tahap kedua menunjukkan prosentase sebesar 85% dan 84%. Sedangkan uji pemahaman materi tahap kedua menunjukkan hasil sebesar 81% dan 76%. Saran dalam pengembangan ini terdiri dari tiga.Pemanfaatan produk menggunakan LCD agar tampilan lebih besar. Diseminasi produk melalui seminar lokal maupun regional. Pengembangan lanjut dapat dilakukan dengan penelitian
eksperimen.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Pengembangan media; software ARCGIS; motivasi belajar mahasiswa; Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial; materi peta; Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 12 Mar 2019 13:24

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item