Pengembangan media flipbook dengan integrasi Islam-sains untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi terbentuknya alam semesta Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Purwita, Ninja Panju and Yudaningsih, Marita Sirna and Masruroh, Masruroh and Sholihah, Millatush (2017) Pengembangan media flipbook dengan integrasi Islam-sains untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi terbentuknya alam semesta Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text (Fulltext)
4370.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran dewasa ini menghadapi dua tantangan, yaitu perubahan persepsi tentang belajar dan teknologi informasi dan telekomunikasi yang perkembangannya luar biasa. Perkembangan kajian teknologi pendidikan menghasilkan berbagai konsep dan praktek pendidikan yang banyak dimanfaatkan sebagai sumber belajar, contohnya: artikel, blog, website, e-learning, software pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan tata cara mengembangkan media software Flipbook dalam pembelajaran IPS materi terbentuknya alam semesta.(2)Untuk mengetahui sejauh mana software Flipbook dapat meningkatkan hasil motivasi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). Model pengembangan mengacu pada Borg ang Gall melalui sepuluh tahapan, antara lain: pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji lapangan, revisi produk akhir dan diseminasi serta implementasi. Data yang digunakan dalam pengembangan ini diperoleh dari uji coba awal melalui hasil validasi ahli media dan ahli materi. Kemudian data yang diambil dari uji coba lapangan yaitu berupa angket kepada 10 orang mahasiswa. Setelah itu data diperoleh dari angket hasil uji lapangan kepada kelas D angkatan 2015 jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hasil angket sebelum media direvisi pada uji coba lapangan sebesar 60%. Sedangkan hasil angket setelah media direvisi pada uji coba lapangan sebesar 78%. Hasil angket sebelum media direvisi pada uji lapangan sebesar 82%. Sedangkan hasil angket sesudah media direvisi pada uji lapangan sebesar 93%. Saran dalam pengembangan ini terdiri dari tiga. Pemanfaatan produk menggunakan LCD agar tampilan lebih besar. Diseminasi produk melalui seminar lokal maupun regional. Pengembangan lanjut dapat dilakukan dengan penelitian eksperimen.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Pengembangan Media; Flipbook; Integrasi Islam-Sains; Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa; Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial; Materi Terbentuknya Alam Semesta; Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 12 Mar 2019 07:32

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item