Mengapa Kepercayaan Diri Mempengaruhi Kemampuan Menulis Kreatif Siswa?

Gunawan, Hilman Muttaqin and Aziz, Rahmat (2018) Mengapa Kepercayaan Diri Mempengaruhi Kemampuan Menulis Kreatif Siswa? Psikoislamika, 15 (2). pp. 7-11. ISSN 1829-5703

[img] Text (full text)
4421.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan menulis kreatif siswa. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 73 siswa Madrasah Aliiyah Negeri 2 Bogor. Metode pengumpulan data adalah skala kepercayaan diri, sementara metode pengumpulan data yang digunakan untuk variabel kemampuan menulis kreatif menggunakan tes menulis kreatif. Hasil analisis menunjukan adanya hubungan positif antara kepercayaan diri dengan kemampuan menulis kreatif, semakin tinggi tingkat kepercayaan diri maka semakin tinggi pula tingkat kemampuan menulis kreatif. Variabel kepercayaan diri mampu menjadi prediktor bagi tinggi rendahnya kemampuan menulis kreatif sebesar 6,1%.

Item Type: Journal Article
Keywords: Kepercayaan diri; menulis kreatif; siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Dr, Rahmat Aziz, M.Si
Date Deposited: 26 Apr 2019 07:16

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item