دراسة تاريخية عن أثر القرآن الكريم في اللغة العربية

Bahruddin, Uril (2014) دراسة تاريخية عن أثر القرآن الكريم في اللغة العربية. Presented at International Seminar Living Phenomena of Arabic Language and Al Quran, 07 Mei 2014, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
دراسة تاريخية عن أثر القرآن الكريم في العربية.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Bagi seorang muslim, kajian tentang Al Quran dan pengaruhnya terhadap perkembangan bahasa Arab sangat penting untuk dilakukan karena bahasa Arab telah dipilih oleh Allah sebagai bahasa kitab suci umat Islam yaitu al Quran, hal ini dapat meningkatkan kecintaan seorang muslim untuk mempelajari bahasa Arab dan pada saat yang sama untuk memahami al Quran. Dalam makalah ini penulis akan membahas kajian sejarah terntang pengaruh al Quran terhadap perkembangan bahasa Arab, dengan fokus kajian ; hakekat bahasa dan fungsinya, keistimewaan bahasa Arab disbanding dengan bahasa lainnya, dan pengaruh al Quran terhadap perkembangan al Quran.

Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan, penulis menghasilkan temuan sebagai berikut : (1) hakekat bahasa adalah berbicara dan fungsi utamanya adalah sebagai alat komunikasi dalam masalah sosial, budaya, pribadi dan intelektual, (2) diantara keistimewaan bahasa Arab terdapat pada bidang fonetik, derivasi, i’rab, taraduf, dan kemudahannya, (3) al Quran berperan dalam menjaga keagungan bahasa Arab, menguatkannya, menyatukan dialeknya, menjadikannya sebagai bahasa internasional dan pendidikan, menghaluskan kosa kata dan ungkapannya, memperkaya kosa katanya, dan al Quran sebagai pemicu munculnya berbagai jenis ilmu pengetahuan.

Dari temuan tersebut, penulis menyarankan untuk : (1) lebih perhatian terhadap pembelajaran ketrampilan berbicara, (2) menjelaskan keistimewaan bahasa Arab kepada para pembelajar, dan (3) menjelaskan dan mengenalkan pengaruh al Quran terhadap perkembangan bahasa Arab.

Item Type: Conference (Paper)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040999 Arabic Linguistics not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Uril Bahruddin
Date Deposited: 27 Jan 2016 06:20

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item