Intensi kewirausahaan mahasiswa: studi temuan penelitian pada berbagai universitas di dunia

Wahidmurni, Wahidmurni (2017) Intensi kewirausahaan mahasiswa: studi temuan penelitian pada berbagai universitas di dunia. Research Report. FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text (full text)
4635.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Karir sebagai pengusaha bukanlah pilihan karir yang mudah bagi kaum muda. Mereka umumnya memilih sebagai karyawan atau pegawai negeri sebagai pilihan karir selepas menyelesaikan studinya. Hal itu juga terjadi pada para mahasiwa pada umumnya. Faktor atau variabel yang dianggap penting untuk menumbuhkembangkan jumlah dan mutu pengusaha baru adalah intensi kewirausahaan. Untuk kepentingan itu telah banyak para pakar meneliti faktor-faktor yang berpengaruh terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa di perguruan tinggi di dunia.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan perbandingan kecenderuangan temuan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi intensi wirausaha mahasiswa pada berbagai perguruan tinggi di dunia, (2) menjelaskan faktor-faktor atau variabel-variabel yang terbukti mendapat dukungan terbesar dan menjadi prediktor utama dalam menentukan intensi wirausaha mahasiswa pada berbagai perguruan tinggi di dunia.

Untuk mencapai tujuan ini, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis content analysis, sebab sumber data utama penelitian adalah artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal. Selanjutnya data dianalisis dengan cara menganalisis bahan dan memasukkannya ke dalam tabel distribusi frekuensi karena masing-masing karakteristik atau kualitas disebutkan, dan melakukan analisis statistik sehingga hasilnya dilaporkan dalam format kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) perbandingan kecenderungan temuan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi intensi wirausaha mahasiswa pada berbagai universitas di dunia menunjukkan bahwa: (a) Asia merupakan benua yang paling banyak dijadikan objek penelitian, (b) foktor internal lebih banyak diuji pengaruhnya secara langsung terhadap intensi wirausaha mahasiswa, sedangkan faktor eksternal banyak diuji secara tidak langsung dan diuji perbedaannya, (c) hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa sebagian besar membuktikan teori yang diuji, khususnya pengaruh secara langsung; sedangkan uji pengaruh variabel secara tidak langsung banyak tidak mendukung teori yang diuji; (2) Perceived Behavior Control, Attitude toward Entrepreneurship, Perceived Desirability, Entrepreneurship Education, Perceived Feasibility or Self Efficacy, Subjective Norm, merupakan variabel yang paling banyak berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap niat wirausaha mahasiswa.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: itensi kewirausahaan; faktor-faktor penentu intensi kewirausahaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Wahidmurni Wahidmurni
Date Deposited: 03 Sep 2019 09:52

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item