Nilai-nilai Syariah di lembaga keuangan modern: Tinjauan teoritis dan empiris

Asnawi, Nur (2019) Nilai-nilai Syariah di lembaga keuangan modern: Tinjauan teoritis dan empiris. Literasi Nusantara, Batu. ISBN 9786237511144 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
4672.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dikotomi antara nilai-nilai syariah dan praktik pemasaran modern telah berhasil dibantah melalui tulisan ini sehingga tidak ada keraguan sedikitpun dari konsumen muslim yang memahami lembaga keuangan syariah secara benar dan memanfaatkan jasa-jasanya. Sementara ini konsep pemasaran konvensional masih menjadi rujukan tunggal yang mendominasi literatur perbankan di Indonesia. Sedangkan khasanah keilmuan islam yang tertuang dalam Al Quran dan sunnah sangat luas dan menjadi ruh disemua praktik bisnis. Islam memiliki kedalaman khasanah keilmuan yang mampu memberikan warna yang indah dalam praktik pemasaran. Islam identik dengan etika sebagai buahnya, oleh karena itu pemasaran islami adalah praktik pemasaran yang beretika. Pemasaran sebagai representasi dari praktik mualamat telah dicontohkan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan jika diamalkan secara konsisten, kelak menjadi warisan amal yang bermanfaat di dunia hingga akhirat.

Metode deskriptif digunakan untuk menyususn naskah ini, mengkaji literatur relevan seperti konsep pemasaran, islamic marketing, fiqh muamalah, etika bisnis, tafsir Al Quran, artikel ilmiah dan publikasi jurnal ilmiah bereputasi. Tak lupa penulis merujuk pandangan ahli tafsir Al Quran guna mengungkap makna dibalik setiap ayat yang digunakan landasan pada buku ini. Review penelitian baik teoritis maupun empiris dari beberapa jurnal juga ditelaah oleh penulis untuk menghadirkan bukti-bukti empiris penerapan pemasaran syariah di industri perbankan syariah global. Orisinalitas buku initerletak p ada pembahasan yang bersifat komprehensif, mulai dari landasan teoritis, diperkuat pendapat ahli tafsir, diperkuat dengan literatur dan contoh publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal. Buku ini menyediakan panduan lengkap untuk personal dan organisasi tatkala mengelola fungsi pemasaran baik dalam pasar Muslim atau pasar non-muslim.

Item Type: Book
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 13 Sep 2019 15:11

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item