Tharaba, M. Fahim (2019) Manajemen Pendidikan Islam Analisis Teori Pedadogik dan Andragogik. J-MPI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4 (1). pp. 20-29. ISSN 24774987
|
Text (full text)
4709.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (140kB) | Preview |
Abstract
Manajemen pendidikan Islam prespektif pedadogik dan andragogik berangkat dari bagaimana Islam memandang, mengajarkan, menanamkan dan mewujudkan pendidikan umatnya dalam rangka membangun generasi mandiri melalui konsep persiapan dan perjalanan proses pedagogik sekolah, untuk menjadi mandiri total dengan konsep andragogi sadar perkepribadian mandiri dan berdikari. Dalam Islam, membangun peradaban dimulai dari memilih jodoh (pendidikan). Selanjutnya, pendidikan tersebut diarahkan dalam rangka mencetak (ذرية قرة اعين), dalam hal ini, adalah pendidikan pra, dasar dan menengah. Untuk selanjutnya diarahkan dalam mencapai derajat (متقين), dan ini diraih sempurna lewat pendidikan sarjana (S-1/Sarjana), bahkan derjat (متقين) disempurnakan lagi lewat pendidikan pascasarjana strata dua (S-2/Magister) dan puncaknya adalah (امام) diraih dengan pendidikan di strata tiga (S-3/Doktor). Dan derajat tertinggi (امام) disempurnakan dengan Gelar Profesor di bidang/profesi apapun.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Additional Information: | Pedadogik, Andragogik dan Islam |
Keywords: | Pedadogik, Andragogik dan Islam |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management |
Depositing User: | Muhammad Fahim Tharaba |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 11:09 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |