Sosiologi Pendidikan Islam: Realitas sosial Umat Islam

Tharaba, M. Fahim (2015) Sosiologi Pendidikan Islam: Realitas sosial Umat Islam. Dreamlitera, Dreamlitera. ISBN 978-602-1060-20-9 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
4712.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Istilah “sosiology” pertama kalinya dipakai oleh Auguste Comte dalam satu jilid karya tulisannya yang berjudul “Cours de Philosophie Positive” (1798-1857). Auguste Comte dalam karya tulisannya ini menyarankan istilah sosiologi ini sebagai nama dari suatu disiplin ilmu yang mempelajari masyarakat secara ilmiah. Sedangkan sosiologi pendidikan berasal dari dua kata, sosiologi dan pendidikan. Pada awalnya sosiologi berkembang sesuai dengan obyek dan tujuannya sendiri, demikian pula pendidikan. Dengan adanya perkembangan masyarakat yang begitu cepat segala aspek kehidupan memerlukan pengetahuan sesuai dengan kebutuhan. Sosiologi tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, demikian pula kalau hanya pendidikan saja. Perkembangan masyarakat yang sangat komplek memerlukan ilmu pengetahuan yang kompleks pula. Salah satunya adalah sosiologi pendidikan.
Dalam dunia pendidikan, senantiasa memerlukan ilmu-ilmu lain yang dapat mendukung dan menunjang perkembangan pendidikan, diantaranya sosiologi. Sesuai dengan subyek dan obyek pendidikan, yaitu manusia, maka secara langsung pendidikan membahas tentang perilaku manusia, sehingga bisa menjadi manusia yang baik, sebagai makhluk sosial dan makhluk individual. Sebagai makhluk individual, pendidikan memerlukan ilmu psikologi, tetapi sebagai makhluk sosial, pendidikan memerlukan ilmu sosial.

Item Type: Book
Keywords: Sosiologi Pendidikan Islam; Realitas Sosial
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Muhammad Fahim Tharaba
Date Deposited: 26 Sep 2019 15:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item