Sejarah Sosial Pendidikan Islam: Kajian Historis, Analitis, Aplikatif, Transformatif, dan Inovatif

Tharaba, M. Fahim (2017) Sejarah Sosial Pendidikan Islam: Kajian Historis, Analitis, Aplikatif, Transformatif, dan Inovatif. Dreamlitera, Dreamlitera. ISBN 978-602-1060-82-7

[img] Text
4713.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Allah Subhanahu Wata'ala menurunkan Islam ke muka bumi melalui risalah Nabi Muhammad saw dengan kelengkapan values (nilai-nilai) universal yang terangkum dalam kalam-Allah (Qur'an suci). Al-Qur'an suci ini berfungsi sebagai pedoman dalam menjalankan hidup bagi seluruh manusia - khususnya umat muslim (hudan li al muttaqiin). Pada giliran selanjutnya values Qur'an telah diterjemahkan dan diinterpretasikan oleh sebagian umat Islam sesuai dengan keadaan dan kemampuan intelektual - ulama muslim - yang pada akhirnya penterjemahan nilai-nilai ini bisa berbeda antara satu dengan yang lain. Disinilah khazanah pemikiran Islam dimulai.

Lebih lanjut M. Amin Abdullah (1995: 33) memaparkan, tradisi kritis ini sendiri bermula dari pengaruh pemikiran filosofis-kritis terhadap segala bentuk pemikiran manusia, termasuk di dalamnya adalah gugusan pemikiran keagamaan. Tradisi kritis-filosofis melihat khazanah intelektual Islam dan pemikiran Islam pada umumnya tidak lain dan tidak bukan adalah merupakan "produk sejarah" biasa, yang sudah barang tentu qabilun li al-taghyir dan qabilun li al-niqas. Oleh karena pemikiran keagamaan adalah produk sejarah yang berkembang pada zaman tertentu, maka boleh jadi ia hanya mewakili nuansa pemikiran yang berkembang pada saat tertentu pula.

Item Type: Book
Keywords: sejarah sosial; pendidikan Islam
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Muhammad Fahim Tharaba
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item