Manajemen pendidikan berbasis Ulū Al-Albāb dalam konteks pengembangan integrasi ilmu: Studi Kasus di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

Tharaba, M. Fahim (2014) Manajemen pendidikan berbasis Ulū Al-Albāb dalam konteks pengembangan integrasi ilmu: Studi Kasus di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (summary)
4723.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (625kB) | Preview
Full text available at: http://etheses.uin-malang.ac.id/10077

Abstract

Model manajemen pendidikan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang bertujuan melahirkan generasi ulū al-albāb yang integratif. Dalam rangka merealisasikannya, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki keunikan, yaitu: (1) Kampus ulū al-albāb, (2) Satu-satunya kampus yang bisa melakukan lompatan dengan konversi dari STAIN ke UIN, (3) Kampus integrasi yang menghilangkan dikotomi keilmuan dengan paradigma metafora pohon ilmu, dan (4) Integrasi keilmuan menjadi salah satu gand design dari 9 GBHU Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Untuk itu, tujuan penelitian ini, (1) Menemukan model manajemen pendidikan berbasis ulū al-albāb dalam konteks pengembangan integrasi ilmu, dan (2) Menemukan model strategi pengembangan integrasi ilmu di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis case study. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipant, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini, meliputi tahapan pengolahan data, yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Verifikasi/Penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Model manajemen pendidikan ulū al- albāb menggambarkan (a) Orientasi kelembagaan yang mengintegrasikan unsur supra rasional, rasional, dan situasional, (b) Formula kelembagaannya tersusun atas lima unsurnya, yaitu: (i) Konsep manajemen berbasis spiritual vision, (ii) Prinsip valuenya, adalah dzikir, fikir, amal sholeh dan al-akhlāq al-karῑmah, (iii) Ada 8 karakteristik kepemimpinan ulū al-albāb, (iv) Mengintegrasikan 9 komponen arkan al-jamiah, dan (v) Memiliki 12 langkah strategi implementasinya. (2) Strategi pengembangan integrasi ilmu di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang melalui (a) Mengembangkan paradigma metafora pohon ilmu, (b) Mengelaborasi dalam bangunan struktur kurikulum dari disiplin keilmuannya dengan model metafora sebuah pohon yang kukuh dan rindang sebagai metafora bangunan ilmu bersifat integratif, yang berbuah pada ilmu, iman, amal shaleh, dan al-akhlāq al-karῑmah, yang berwujud ulama yang intelek profesional dan/atau intelek profesional yang ulama, (c) Sintesa antara perguruan tinggi dan pesantren, dan (d) Pndalaman spiritualitas, pengokohan/pemantapan moralitas, perluasan/penguasaan intelektualitas, dan pematangan profesionalitas.

Temuan formal penelitian dalam disertasi ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan yang dikembangkan di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang adalah model manajemen pendidikan ulū al-albāb dengan metafora pohon ilmu.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Keywords: Model Manajemen; Pendidikan Basis Ulū al-Albāb; Pengembangan Integrasi Ilmu
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Muhammad Fahim Tharaba
Date Deposited: 26 Sep 2019 08:09

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item