Aplikasi pendidikan kewirausahaan: Tinjauan strategi pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan di PTAIN Jawa Timur

Al Idrus, Salim and Khasanah, Umrotul and Ridwan, A. Muhtadi and Firmansyah, Fani (2011) Aplikasi pendidikan kewirausahaan: Tinjauan strategi pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan di PTAIN Jawa Timur. Research Report. Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
4795.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran adalah upaya membelajarkan pembelajar. Salah satu upaya dapat dilakukan melalui penetapan strategi pembelajaran. Setiap pengajar seharusnya memiliki ketrampilam dalam memilih strategi pembelajaran untuk setiap jenis kegiatan pembelajaran karena pembelajarn menaruh perhatian pada bagaimana mengupayakan agar pembelajar, belajar, bukan apa yang dipelajari pembelajar (mahasiswa), sehingga kegiatan ini lebih menekankan pada cara-cara yang dilakukan oleh pengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Sebagai kurikulum lokal, pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan diarahkan untuk memperluas dan menunjang kebutuhan ketrampilan mahasiswa. Untuk itu pelaksanaan pembelajaran dengan metode/model konvensional perlu dimodifikasi. Dengan demikian strategi pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan di PTAIN Jawa Timur (STAIN Pamekasan, STAIN Jember dan STAIN Kediri) dipandang perlu untuk diteliti guna menggali informasi tentang strategi pembelajarannya.
Fokus penelitian ini adalah bagaimanakah strategi pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan sebagai salah satu alternatif untuk menumbuhkembangkan wawasan kewirausahaan bagi mahasiswa PTAIN Jawa Timur (STAIN Pamekasan, STAIN Jember dan STAIN Kediri) dan bertujuan untuk memperoleh diskripsi tentang : (1) bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan di PTAIN Jawa Timur?, (2) bagaimana strategi penyampaian pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan di PTAIN Jawa Timur, dan (3) bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan di PTAIN Jawa Timur (STAIN Pamekasan, STAIN Jember dan STAIN Kediri.)
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Bahan-bahan diskripsi didapatkan melalui : wawancara mendalam, pengamatan peran serta dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu pengajar mata kuliah Kewirausahaan, wakil mahasiswa yang representatif sebanyak tiga orang. Informan penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik snow ball sampling. Instrumen penelitiannya yaitu peneliti sendiri. Teknik yang digunakan untuk memperolah kredibilitas data yaitu persistent observation, triangulasi dan member check. Data yang diperoleh dari informan dan obyek yang diteliti dikerjakan dan disaring serta diklasifikasikan menurut pola, tema dan topik pembahasan. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap bersamaan dengan pengumpulan data di lapangan dan tahap sesudah pengumpulan data.
Temuan penelitian meliputi : (1) pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan di PTAIN Jawa Timur (STAIN Pamekasan, STAIN Jember dan STAIN Kediri) diasuh oleh pengajar/dosen tetap yang yang mempunyai jabatan/tugas rangkap. Pengajar membuat pengorganisasian isi materi yang akan diajarkan berupa ringkasan secara tertulis untuk didektekan, (2) dalam penyampaian pembelajaran mata kuliah, pengajar memulai pembelajaran dengan memberikan fenomena-fenomena pikir tentang kewirausahaan untuk penguatan wawasan, dan menutup pembelajaran dengan memberikan soal-soal tertulis atau tugas individu/kelompok dengan menggali sumber-sumber literatur unutk diringkas. Media yang digunakan adalah orang/pengajar dan metode yang digunakan ceramah, diskusi serta buku literatur, (3) penciptaan ketertarikan berpikir mahasiswa terhadap fenomena-fenomena yang terjadi untuk penguatan wawasan dan pemberian soal-soal tertulis atau tugas individu/kelompok pada saat memulai dan menutup pembelajaran dapat mengelola motivasional belajar mahasiswa terhadap materi dan penataan interaksi antara pengajar dan mahasiswa terhadap materi yang dipelajari.
Berdasarkan temuan penelitian tersebut, dikemukakan saran-saran sebagai berikut : (1) pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan di PTAIN Jawa Timur (STAIN Pamekasan, STAIN Jember dan STAIN Kediri) dengan model konvensional tersebut hendaknya lebih dapat memotivasi mahasiswa belajar dengan penampilan pengajar yang dapat menciptakan suasana yang lebih segar dan tidak jenuh yaitu adanya selingan berupa humor/anekdot, sehingga tidak terkesan monoton dengan penggunaan metode ceramah. Oleh karena itu berbagai alternatif penggunaan metode pembelajaran dan tujuan yang mungkin dicapai dapat dieksperimenkan, (2) Jika pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan menggunakan media orang (pengajar), maka diupayakan pengajar hendaknya memiliki daya pribadi yang mempesona dalam artian dapat menciptakan suasana segar dan tidak jenuh bagi mahasiswa. Oleh karena itu berbagai alternatif penggunaan media pembelajaran dan untung rugi penggunaannya dapat dieksperimenkan, (3) penciptaan ketertarikan berpikir mahasiswa melalui cerita/contoh tentang fenomena kewirausahaan yang terjadi pada saat memulai pembelajaran, dan juga pemberian soal-soal tertulis atau tugas individu/kelompok melalui penggalian sumber literatur dapat digunakan untuk mengelola motivasional belajar mahasiswa dan menata interaksi antara pengajar dengan mahasiswa dan materi yang dipelajari.
Saran untuk penelitian lebih lanjut yaitu dalam upaya meningkatkan pemahaman terhadap aplikasi pendidikan kewirausahaan (tinjauan strategi pembelajaran) di PTAIN Jawa Timur (STAIN-STAIN lain), maka perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan penggunaan multi studi kasus. Adapun saran kepada STAIN Pamekasan, STAIN Jember dan STAIN Kediri, yaitu : (1) untuk lebih mendalami aplikasi pendidikan kewirausahaannnya terutama dalam prespektif strategi pembelajarannya, perlu dioptimalkan lembaga-lembaga yang ada, seperti Koperasi Mahasiswa (Kopma) dan yang lainnya sebagai unit usaha untuk melatih kerja lapangan mahasiswa di bidang kewirausahaan, (2) mengingat tujuan pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan yaitu untuk memperluas dan menunjang kebutuhan ketrampilan mahasiswa yang menyentuh aplikasi praktis di lapangan, maka perlu dioptimalkan dosen-dosen tetapnya yang mempunyai latar belakang pendidikan ekonomi, dan bukan diasuh oleh dosen tetap yang rangkap jabatan/tugas. Hal ini dimaksudkan untuk pengupayaan pencapaian tujuan pembelajaran maksimal sebagaimana yang diharapkan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Aplikasi pendidikan kewirausahaan; PTAIN Jawa Timur
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Mufid Mufid
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:43

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item