Machmudah, Umi and Rosyidi, Abdul Wahab (2014) Instructional desain pendidikan karakter dan implementasinya pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al-Maarif 01 Singosari Malang. Al-Ta'rib, 2 (1). pp. 51-66.
|
Text (Fulltext)
4802.pdf - Accepted Version Download (384kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Materi pembelajaran yang berkaitan dengan norma atau nilainilai pada setiap mata pelajaran perlu dikembangkan, dieksplisitkan, dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran nilainilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan peserta didik sehari-hari di masyarakat. (Kemendiknas, 2010).
Madrasah Tsanawiyah Al Maarif 01 Singosari memiliki posisi penting dalam hal penanaman karakter pada siswa, karena MTS Al Maarif 01 merupakan Madrasah favorit di kabupaten Malang bagian utara yang dikelilingi oleh beberapa podok pesantren, disamping itu siswa yang belajar datang dari berbagai kota di Jawa Timur, sehingga lembaga tersebut sering menjadi rujukan dalam hal proses belajar mengajar dan hal-hal lain, termasuk internalisasi pendidikan karakter. Dalam hal pendidikan karakter MTS Al Maarif 01 Singosari jauh sebelumnya telah mencanangkan dalam visinya, sehingga setiap insan yang ada dalam madrasah harus senantiasa menuju ketercapain visi yang ada. Pendidikan karakter tersebut di implementasikan pada kegiatan-kegiatan madrasah dan dalam tataran bidangstudi, termasuk pada bidang studi Bahasa Arab
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Instructional Desain; Pendidikan Karakter |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 16:50 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |