Machmudah, Umi (2018) Model bahan ajar bahasa Arab sekolah dasar Islam di Kota Malang: Principle analysis dalam buku Takallum bil ‘Arobiyyah. An Nabighoh, 20 (2). pp. 202-221. ISSN 2581-2815
|
Text
4803.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemendiknas telah menyediakan buku ajar mulai jenjang SD/MI hingga SMA/ MA, termasuk bahasa Arab. Namun penggunaan satu sumber juga tidak dianjurkan. Penelitian (Machmudah, 20011) menunjukkan adanya kesenjangan dalam bahan ajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari sisi prinsip gradasi. Sementara dalam rangka merealisasikan salah satu program unggulannya “we can speak” Sekolah Dasar Islam (SDI) Sabilillah Malang mengemmbangkan bahan ajar “Takallum bil ‘Arobiyyah” Al Mustawa Al I’daadi Al Awwal kelas I cetakan kedua 2017 oleh Nur Chasan S.Pd. Dengan pendekatan konten, penelitian kualitatif ini bertujuan menemukan penerapan prinsip- prinsip penyusunan bahan ajar degan standart Kemendiknas 2006 dan 2008a (Nasional) serta standar Thu’aimah (Internasional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku diatas disusun sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar yang baik standart Kemendiknas 2006, 2008a yakni prinsip relevansi, konsistensi, kecukupan, gradasi (mudah sulit, konkrit abstrak) dan pengulangan. serta standart Thu’aimah 1989 yakni prinsip valid, kebermaknaan (utility), kecenderungan dan perhatian, layak dipelajari (learn abiity) dan global.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Takallum Bil ‘Arobiyyah; Prinsip Kemendiknas; Thu’aimah |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 17:13 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |