Proses berpikir kreatif modifikatif siswa dalam pengajuan soal matematika

Marhayati, Marhayati (2019) Proses berpikir kreatif modifikatif siswa dalam pengajuan soal matematika. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2). pp. 278-292. ISSN 2579-9258

[img]
Preview
Text (Fulltext)
5185.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (931kB) | Preview
Full text available at: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif modifikatif dalam pengajuan soal matematika. Penelitian ini merupakan deskriptif. Subjek penelitian yang dilaporkan merupakan siswa kelas 7 MTs Surya Buana. Subjek penelitian sebanyak 17 siswa. Pokok bahasan yang digunakan adalah Aritmatika Sosial. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah melalui pengajuan soal matematika. Proses berpikir kreatif modifikatif dalam pengajuan soal matematika adalah proses berpikir yang dimulai dari pencarian ide yang bersumber dari informasi yang diberikan, pengetahuan yang dimiliki, pengalaman sehari-hari, dan/atau dari soal yang sudah diajukan sebelumnya, kemudian adanya modifikasi atau penambahan informasi baru sekaligus pengembangan bentuk soal yang diajukan keluar situasi yang diberikan.

Item Type: Journal Article
Keywords: Berpikir Kreatif, Modifikatif, Ide, Pengajuan Soal Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Marhayati Marhayati Marhayati
Date Deposited: 25 Feb 2020 17:48

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item