marhayati, marhayati and Huda, Nuril (2019) Mendeteksi pemahaman konsep perkalian mahasiswa calon guru madrasah ibtidaiyah melalui problem posing. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 12 (1). pp. 63-73. ISSN 2502-194X
|
Text (Fulltext)
5186.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (960kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep perkalian matematika calon guru madrasah ibtidaiyah. Penelitian yang dilakukan merupakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dilaporkan merupakan mahasiswa calon guru madrasah ibtidaiyah di Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang. Ada 33 mahasiswa yang diambil sebagai subjek penelitian. Pengajuan soal matematika merupakan pembelajaran yang diterapkan didalam penelitian ini yakni pada matakuliah Pembelajaran Matematika. Hasil analisis data menunjukkan terdapat tiga kategori pemahaman konsep perkalian yaitu (1) paham konsep perkalian utuh sebanyak 33,3% artinya mampu menyebutkan definisi, mengetahui makna perkalian dan menunjukkan struktur perkalian dengan pengelompokkan objek, (2) paham konsep perkalian semu sebanyak 18,2% artinya mampu menyebutkan definisi, mengetahui makna perkalian tetapi belum dapat menunjukkan struktur perkalian dengan pengelompokkan objek, (3) tidak paham konsep perkalian sebanyak 48,5% artinya mampu menyebutkan definisi namun belum mengetahui makna perkalian dan gagal menunjukkan struktur perkalian dengan pengelompokkan objek.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | konsep; perkalian; matematika; pengajuan soal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools |
Depositing User: | Marhayati Marhayati Marhayati |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 23:20 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |