Pendekatan kriminologi dan gender terhadap model kurikulum pembinaan narapidana anak kelas I Blitar

Saifullah, Saifullah and Basith, Abdul and Cholil, Mufidah (2019) Pendekatan kriminologi dan gender terhadap model kurikulum pembinaan narapidana anak kelas I Blitar. Ijtihad: Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan, 19 (1). pp. 125-145. ISSN 2477-8036

[img] Text
2624-7691-1-PB.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (326kB)
Full text available at: https://ijtihad.iainsalatiga.ac.id/index.php/ijtih...

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menjelaskan pendekatan kriminologi dan gender yang dilakukan dalam memberikan muatan materi kurikulum terhadap pembentukan model kurikulum pembinaan narapidana anak di lembaga pemasyarakatan anak dan membuat model kurikulum pembinaan narapidana anak di lembaga pemasyarakatan anak. Dengan menggunakan pendekatan perundangundangan dan konseptual, riset ini menjelaskan temuan sebagai berikut: Dalam perspektif kriminologi, dalam memberikan muatan materi kurikulum terhadap pembentukan model kurikulum pembinaan narapidana anak di lembaga pemasyarakatan anak adalah pendekatan Agama, Pelengkapan Sarana dan prasarana, Optimalisasi peranan Pegawai, Penerapan Pendidikan formal dalam Lapas, Pemeliharaan dan Perawatan Kesehatan, Daya dukung terciptanya Pemulihan Sosial, Pengurangan Masa Pidana (remisi), Kesempatan berasimilasi termasuk cuti menunjungi keluarga dan pembebasan bermasyarkat serta cuti menjelang bebas. Sedangkan dalam perspektif gender, ditemukan bahwa dalam perlakuan terdapat anak bermaslah adalah dengan tidak membedakan jenis kelamin. Selain itu, hasil akhir pembentukan model kurikulum pembinaan narapidana anak di lembaga pemasyarakatan anak LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak) Blitar dapat disebut sebagai: Sistem Perlakuan Anak Didik Pemasyarakatan. Sistem ini terdiri atas Input berupa tahap awal 0 s/d 1/3 MP dengan pola admini orientasi; tahap lanjutan terdiri 1/3 sd ½ MP dan ½ sd 2/3 MP; tahap akhir 2/3 MP-Bebas yang diakhir dengan tercapainya tujuan pemasyarakatan yaitu reintegrasi sosial: hidup, kehidupan dan penghidupan.

Item Type: Journal Article
Keywords: Curriculum Model; Child prisoner; Criminology; Gender
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012827 Islamic Court & Civil Procedure
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Ari Zuntriana
Date Deposited: 12 Mar 2020 09:41

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item