Choiruddin, Muhammad Nanang, Mukaffi, Zaim and Alim, Syahirul (2018) Strategi Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Lokal Wisdom: Studi Pada Sentra Industri Kerajinan Batik Banyuwangi. Research Report. LP2M UIN MALANG, UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. (Unpublished)
Archive
archive(3).zip Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Rantai nilai pada Industri kerajinan batik Banyuwangi adalah kreasi, produksi, distribusi dan komersialisasi. Ke-empat rantai nilai tersebut merupakan proses usaha yang ada pada Industri kerajinan batik Banyuwangi.
Teknik analisa SWOT menunjukkan indeks posisi pada analisis faktor internal sebesar + 0,796 dan pada indeks posisi eksternal sebesar +0,859. Sehingga pada diagram SWOT yang terlihat pada posisi terletak pada Kuadran I yaitu kuadran yang artinya bahwa potensi industri kerajinan batik banyuwangi mempunyai peluang sangat besar untuk tumbuh dan bahkan bersaing dengan industri batik yang lain. Disamping itu, dari aspek internal menunjukkan bahwa ide/gagasan serta kreasi yang dibangun melalui karakteristik batik banyuwangi sangat baik.
Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pengembangan industri kreatif di Industri kerajinan batik Banyuwangi maka perlu kolaborasi antar aktor utama dengan starting point dari ketiga aktor utama ini adalah; (1) Komitmen cendekiawan, bisnis dan pemerintah, koordinasi antara ketiga aktor secara berkesinambungan, serta mengupayakan sinergi untuk mengembangkan industri kreatif. Dimana peran pemerintah kabupaten banyuwangi selama ini adalah melakukan sosialisasi tentang batik banyuwangi ke publik luar, baik secara langsung maupun melalui media resmi pemerintah daerah, disamping member pelatihan, mengadakan festival baik di banyuwangi maupun diluar. Sedangkan dari sisi peran akademisi, selama ini masih kurang berkontribusi terhadap pengembangan batik di banyuwangi baik berupa pelatihan, hasil penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Dan dari aspek pelaku usahanya, sudah melakukan berbagai macam metode dengan produk batik yang kreatif sesuai dengan identitasnya. Wujud nyata yang dilakukan adalah dengan menggunakan media sosial, membuka kerjasama dengan agen serta membuka outlet sendiri untuk memperkenalkan dan menjual produknya.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Strategi, Industri Kreatif, Lokal Wisdom |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management |
Depositing User: | Muhammad Nanang Choiruddin |
Date Deposited: | 10 May 2020 01:11 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |