Defragmentasi struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah analogi

Rochayati, Masithoh and Fa’ani, Arini (2019) Defragmentasi struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah analogi. Presented at International Conference of Islamic Education, 6-7 November 2019, UIN Malang.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
5496.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (340kB) | Preview

Abstract

Ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menunjukkan adanya fragmentasi struktur berpikir. Fragmentasi struktur berpikir dapat diatasi melalui defragmentasi struktur berpikir. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan defragmentasi struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah analogi. Subjek penelitian terdiri atas 6 siswa SMK kelas XI. Peneliti melakukan defragmentasi struktur berpikir melalui intervensi terbatas dengan memberikan disekuilibrasi dan scaffolding. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga jenis defragmentasi, yaitu: (1) perbaikan berpikir logis untuk mengatasi terjadinya berpikir tidak logis, (2) pemunculan skema dan pemunculan koneksi untuk mengatasi ketiadaan koneksi, dan (3) pemunculan skema untuk mengatasi ketiadaan skema dan lubang konstruksi.

Item Type: Conference (Paper)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Arini Mayan Fa'ani
Date Deposited: 06 May 2020 18:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item