Kajian Peningkatan Pelayanan Terminal Hamid Rusdi Malang

Sedayu, Agung (2014) Kajian Peningkatan Pelayanan Terminal Hamid Rusdi Malang. Presented at Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah (ATPW), 18 Juni 2014, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Vol I_B.1_Prosiding ATPW 2014_Agung Sedayu_Kajian Peningkatan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (247kB) | Preview

Abstract

Terminal Hamid Rusdi merupakan terminal penumpang transportasi jalan tipe B di kota Malang beroperasi pertama kali pada tahun 2005. Untuk saat ini terminal masih cenderung sepi karena lokasinya yang berada pada wilayah pengembangan kota Malang bagian selatan menjadi daerah satelit. Posisinya menggantikan terminal Gadang yang berdekatan dengan pasar induk Gadang. Lokasi terminal yang baru ini berada sejauh ±1,5 km ke arah timur. Paper ini bertujuan untuk melakukan kajian peningkatan pelayanan terminal Hamid Rusdi berdasarkan tingkat kepentingan dan kepuasan pengguna yaitu penumpang angkutan umum. Metode yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian memperoleh atribut kemudahan dalam akses ke lokasi terminal menjadi atribut pelayanan yang memiliki skor tertinggi dalam prioritas peningkatan pelayanan terminal. hasil ini dapat dibandingkan dengan kondisi nyata, bahwa terminal Hamid Rusdi yang masih jauh dari keramaian sangat sepi dari penumpang dan kendaraan angkutan umumnya. Angkutan umum masih melakukan transit di terminal lama yaitu terminal Gadang, sehingga menimbulkan fenomena terminal bayangan. Kondisi fasilitas utama dan penunjang di terminal Hamid Rusdi ini sudah mulai nampak kerusakan secara fisik dan visual, karena upaya pemeliharaan dan operasinal fungsi terminal dan fasilitasnya tersebut tidak optimal. Rekomendasi dari penelitian ini, untuk kajian mendatang perlu mempertimbangkan aspek tata ruang dan jaringan transportasi yang terintegrasi dengan lokasi dan posisi terminal, sehingga terminal dapat dengan mudah diakses oleh penumpang dan kendaraan angkutan umum

Item Type: Seminar and Workshop
Keywords: Peningkatan; pelayanan; terminal Hamid Rusdi
Subjects: 09 ENGINEERING > 0905 Civil Engineering > 090505 Infrastructure Engineering and Asset Management
09 ENGINEERING > 0905 Civil Engineering > 090507 Transport Engineering
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120104 Architectural Science and Technology (incl. Acoustics, Lighting, Structure and Ecologically Sustainable Design)
Divisions: Faculty of Technology > Department of Architecture
Depositing User: Users 292 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 10:23

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item