Sedayu, Agung (2015) Target Peningkatan Pelayanan Terminal Purwoasri. Presented at Seminar Nasional Teknik Sipil XI, 28 Januari 2015, Surabaya.
|
Text
PROSIDING SEMNAS XI - 2015-agung.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (839kB) | Preview |
Abstract
Terminal Purwoasri merupakan salah satu terminal tipe B di kabupaten Kediri Propinsi Jawa Timur memiliki peranan penting dalam menunjang transportasi antar kota dalam propinsi di Jawa Timur. Dilihat dari posisi dan letaknya, terminal ini berada di jalan nasional atau negara yang menghubungkan kota-kota besar di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. Angkutan umum berupa bus yang memiliki trayek tersebut tidak masuk dan menggunakan pelayanan terminal Purwoasri, sebab tergolong tipe B yang melayani angkutan antar kota dalam propinsi (AKDP). Kondisi penurunan pelayanan ini ditambah permasalahan dengan tidak masuknya angkutan umum lain yang sebenarnya termasuk angkutan AKDP ke terminal ini. Untuk saat ini saja terminal Purwoasri cenderung sepi, bahkan sama sekali tidak dimasuki angkutan umum. Dengan latar belakang demikian, maka diperlukan penelitian yang bertujuan untuk untuk melakukan evaluasi dalam menetapkan target peningkatan pelayanan terminal Purwoasri berdasarkan persepsi pengguna. Hasil evaluasi tersebut dianalisis sehingga diperoleh target peningkatan pelayanan sesuai dengan harapan pengguna. Metode yang digunakan adalah metode survei, wawancara, dan Quality Function Deployment (QFD). Responden sebagai pengguna yang menjadi target survei dan wawancara adalah penumpang angkutan umum. Survei yang dilakukan untuk menggali data kebutuhan pengguna, mencari indikator pelayanan, dokumentasi data instansi terminal, dan pengukuran fasilitas fisik terminal. Hasil penelitian memperoleh 20 respon teknis yang merupakan jawaban yang diberikan oleh pihak pengelola dari kebutuhan dan kepuasan pengguna. Dari 20 respon teknis yang diperoleh, respon teknis menunjang kebersihan terminal menjadi target paling tinggi dengan skor own performance yang tertinggi yaitu 401,079, sedangkan respon teknis menyediakan fasilitas telekomunikasi (wartel), warnet, atau TV menjadi target terendah sebab memiliki skor own performance yang paling kecil yaitu 375,286. Dua puluh target peningkatan pelayanan tersebut diklasifikasi ke dalam diagram affinitas dengan tiga klasifikasi utama yaitu Fasilitas, Kenyamanan, dan Pegawai atau Petugas
Item Type: | Seminar and Workshop |
---|---|
Keywords: | Peningkatan; pelayanan; terminal Purwoasri |
Subjects: | 09 ENGINEERING > 0905 Civil Engineering > 090505 Infrastructure Engineering and Asset Management 09 ENGINEERING > 0905 Civil Engineering > 090507 Transport Engineering 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120104 Architectural Science and Technology (incl. Acoustics, Lighting, Structure and Ecologically Sustainable Design) |
Divisions: | Faculty of Technology > Department of Architecture |
Depositing User: | Users 292 not found. |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 17:24 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |