Aplikasi Visual Basic Pada Perhitungan Waktu Tempuh Dan Volume Arus Lalu Lintas

Sedayu, Agung (2014) Aplikasi Visual Basic Pada Perhitungan Waktu Tempuh Dan Volume Arus Lalu Lintas. Presented at SENTIA 2014-Politeknik Negeri Malang, 5 Juni 2014, Malang.

[img] Text
Sentia 2014-agung.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (636kB)

Abstract

Kepadatan suatu jalan paling tidak dipengaruhi oleh volume dan kecepatan lalu lintas yang terjadi. Prasarana jalan sebagai penunjang aksesibilitas antar dua zona sangat ditentukan oleh karakteristik jaringan transportasi yang menghubungkan ke dua zona tersebut. Volume dan waktu tempuh dalam lalu lintas sangat berkaitan dengan tingkat pelayanan dan kapasitas suatu jalan. Arus lalu lintas berinteraksi dengan sistem jaringan transportasi. Jika arus lalu lintas meningkat pada ruas jalan tertentu, waktu tempuh pasti bertambah oleh karena kecepatan menurun. Tulisan ini bertujuan untuk membuat program hubungan volume dengan waktu tempuh lalu lintas dengan suatu metode pendekatan. Pendekatan yang dipakai pada tulisan ini adalah pendekatan linear. Metode ini biasanya menggunakan waktu tempuh (T) dan volume arus lalu lintas (Q) dengan menggunakan analisis regresi linear untuk suatu pendekatan linear. Hubungan dua faktor tersebut disusun dalam suatu persamaan regresi linear yang divisualisasi dengan program Visual Basic 6 (VB 6.0). Lokasi jalan yang menjadi objek kajian adalah Jln. Kolonel Sugiyono Kota Malang. Jalan ini merupakan jalan propinsi kelas 1 yang menghubungkan bagian utara menuju selatan bagian Malang. Survei data dilakukan pada Senin pagi jam 08.00 – 10.00 WIB untuk arah jalur utara menuju selatan kota Malang. Hasil kajian menunjukkan bahwa Visual Basic memberikan aspek visualisasi yang cukup menarik dan komunikatif dalam mempresentasikan hasil perhitungan dan analisis waktu tempuh dan arus lalu lintas. Hasil visual perhitungan dalam program dapat ditampilkan berupa kurva, grafik, tabel, ouput perhitungan, diagram atau sejenisnya. Dengan demikian para pengguna program dapat dengan jelas memahami apa yang dimaksud dalam hasil analisis pendekatan linear hubungan waktu tempuh dengan volume arus lalu lintas pada suatu ruas jalan

Item Type: Seminar and Workshop
Keywords: Pemrograman; waktu tempuh perjalanan; volume arus lalu lintas
Subjects: 09 ENGINEERING > 0905 Civil Engineering > 090505 Infrastructure Engineering and Asset Management
09 ENGINEERING > 0905 Civil Engineering > 090507 Transport Engineering
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120104 Architectural Science and Technology (incl. Acoustics, Lighting, Structure and Ecologically Sustainable Design)
Divisions: Faculty of Technology > Department of Architecture
Depositing User: Users 292 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 10:23

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item