Solichah, Novia (2020) Konseling pendekatan terapi realitas untuk mengatasi prokrastinasi akademik. Jurnal Penelitian Psikologi, 11 (1). pp. 8-15. ISSN 2087-3441
|
Text (Fulltext)
5777.pdf - Published Version Download (261kB) | Preview |
Abstract
Prokrastinasi akademik ditandai dengan ketidakmampuan mengatur waktu, menentukan prioritas, fokus terhadap tugas yang dimiliki, mengarahkan diri dan mengatur tindakannya sehingga banyak tugas yang tertunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling dengan pendekatan terapi realitas untuk mengatasi prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Penekanan terapi realitas adalah membuat individu bertanggung jawab atas tindakan yang dipilih. Penelitian kuantitatif eksperimental ini menggunakan single case experiment design. Pengumpulan data dilakukan melalui serangkaian asesmen yaitu wawancara, tes intelegensi IST, tes grafis, EPPS, Tes Informal, dan asesmen pendidikan. Setelah intervensi, subjek menunjukkan perubahan yang positif dalam pengerjaan tugas. Dengan kata lain, konseling dengan pendekatan realitas mampu membantu permasalahan prokrastinasi akademik.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Prokrastinasi akademik; Konseling; Terapi realitas |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Novia Solichah |
Date Deposited: | 09 Jun 2020 16:36 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |