Konseling pendekatan terapi realitas untuk mengatasi prokrastinasi akademik

Solichah, Novia (2020) Konseling pendekatan terapi realitas untuk mengatasi prokrastinasi akademik. Jurnal Penelitian Psikologi, 11 (1). pp. 8-15. ISSN 2087-3441

[img]
Preview
Text (Fulltext)
5777.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview

Abstract

Prokrastinasi akademik ditandai dengan ketidakmampuan mengatur waktu, menentukan prioritas, fokus terhadap tugas yang dimiliki, mengarahkan diri dan mengatur tindakannya sehingga banyak tugas yang tertunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling dengan pendekatan terapi realitas untuk mengatasi prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Penekanan terapi realitas adalah membuat individu bertanggung jawab atas tindakan yang dipilih. Penelitian kuantitatif eksperimental ini menggunakan single case experiment design. Pengumpulan data dilakukan melalui serangkaian asesmen yaitu wawancara, tes intelegensi IST, tes grafis, EPPS, Tes Informal, dan asesmen pendidikan. Setelah intervensi, subjek menunjukkan perubahan yang positif dalam pengerjaan tugas. Dengan kata lain, konseling dengan pendekatan realitas mampu membantu permasalahan prokrastinasi akademik.

Item Type: Journal Article
Keywords: Prokrastinasi akademik; Konseling; Terapi realitas
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Novia Solichah
Date Deposited: 09 Jun 2020 16:36

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item