Pengaruh Kegiatan Sosiodrama terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini

Suryani, Suryani and Solichah, Novia (2016) Pengaruh Kegiatan Sosiodrama terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Psikologi, 07 (02). pp. 77-98. ISSN 2087-3441

[img]
Preview
Text
5778.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (203kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan bahasa lisan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan eskperimen. Instrumen penelitian berupa naskah drama dan lembar observasi kemampuan bahasa lisan anak usia dini. Subjek penelitian berjumlah 30 anak dengan kriteria inklusi usia 5-6 tahun, sehat, dan memiliki IQ dalam rentang 90-110, penelitian menggunakan teknik random assignment.Pemilihan tema naskah drama melalui preliminary research pada 36 anak yang memiliki kriteria inklusi sama seperti subjek penelitian. Uji validitas naskah drama menggunakan CVR dengan 6 orang experts (ahli) dengan perolehan 0,68. Hasilnya > 0,50, sehingga naskah layak digunakan pada kegiatan sosiodrama untuk anak usia dini. Alat tes yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan bahasa lisan yang terdiri dari 7 aitem yang menggunakan 4 alternatif penyekoran (1 hingga 4). Alat tes telah melalui preliminary research pada 15 anak yang memiliki kriteria inklusi sama seperti subjek penelitian, dan dinilai oleh 3 orang rater. Hasil analisis menunjukkan rata-rata kesepakatan antar rater sebesar 0.960, sehingga alat tes dapat digunakan sebagai alat ukur kemampuan bahasa lisan anak usia dini. Hasil penelitian menggunakan teknik analisis Independent-samples t test dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, karena lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perbedaan nilai rata-rata perolehan kelompok kontrol sebesar 0,4810, lebih kecil dari nilai rata-rata perolehan kelompok eksperimen sebesar 0,8429, artinya terdapat perbedaankemampuan bahasa lisan antara kelompok kontrol dan kelompokeksperimen. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kegiatan sosiodrama dengan kemampuan bahasa lisan anak usia dini.

Item Type: Journal Article
Keywords: Kegiatan Sosiodrama, Kemampuan Bahasa Lisan, Anak Usia Dini
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Novia Solichah
Date Deposited: 09 Jun 2020 21:51

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item